Pesan dakwah pada www.wisatahati.com: analisis pesan dakwah Ustadz Yusuf Mansyur pada artikel Keajaiban Sedekah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholiha, Mar'atus (2009) Pesan dakwah pada www.wisatahati.com: analisis pesan dakwah Ustadz Yusuf Mansyur pada artikel Keajaiban Sedekah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mar'atus Sholiha_B01205019.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25279

Abstract

Website www.wisatahati.com adalah adalah salah satu situs yang memprioritaskan dakwah kajian utama. Pesan-pesan dakwah yang di tampil kan memiliki konteks yang beragam. Sebagai sebuah produk dari manusia, tentunya pesan-pesan yang di sampaikan mcnimbulkan penafsiranyang berbeda pada tiap-tiap pembacanya. Dari fenomena itu, penulis memfokuskan permasalahan skripsi ini kepada bagaimana pesan dakwah yang di tampilkan dalam website www.wisatahati.com di lihat dari struktur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, retoris. (sesuai analisis wacana pendekatan Van Dijk). Skripsi menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang menggunakan metode analisis wacana Van Dijk. Pendekatan kualitatif di gunakan karena ingin memahami makna subyek penelitian. Hal ini senada dengan analisis wacana yang bertijuan lebih melihat pada "Bagaimana" (how), sebuah pesan atau teks. Hasil yang di dapat dari analisis wacana ini akan di deskripsikan dengan interprestasi dari penulis. Dari metode penelitian dan analisa yang di gunakan , maka di dapat suatu kesimpulan bahwa materi-materi yang di jadikan tema yang sebenarnya tidak berbeda jauh dengan materi dakwah pada umumnya. Enam elemen analisis wacana Van Dijk yang di gunakan menganalisis teks pesan dakwah membuat tieks tampak lebih memiliki kesatuan arti dan saling mendukung. Unsur persuasif , sebagai sifat dan tujuan dakwah di konstruk dengan penonjolan gaya bahasa yang sederhana, majas, leksikan, metafora dan juga gratis (sebagai Keunggulan dari med ia Internet). Diperlukan kelanjutan dari apa yang telah penulis lakukan. Disini penulis hanya menganalisa teks pesan dakwah di website www.wisatahati.com dengan sub tema "Keajaiban Sedekah" maka untuk peneliti selanjutnya, penulis merekomendasikan untu k meneliti tema atau topik lain teks pesan dakwah dari vww.wisatahati.com atau dari website-website Islam yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholiha, Mar'atus--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Pesan dakwah; Yusuf Mansyur; Keajaiban Sedekah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2018 06:49
Last Modified: 07 Jun 2018 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25279

Actions (login required)

View Item View Item