Isi khutbah sebagai pesan dakwah: studi analisis isi khutbah ustadz H. Sunarto pada bulan April-Mei di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subki, M. Aji (2009) Isi khutbah sebagai pesan dakwah: studi analisis isi khutbah ustadz H. Sunarto pada bulan April-Mei di Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Ali Subki_B01205044.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian yang mengkaji isi khutbah jum'at dari ustadz H. Sunarto di Surabaya pada bulan April-Mei 2009. penelitian ini berangkat dari sebuah rumusan masalah bagaimana isi pesan khutbah Jum'at yang disampaikan oleh ustadz H. Sunarto pada bulan April – Mei 2009 di Surabaya? Dalam peneltian ini, peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan kemudian peneliti menggunakan metode analisis wacana milik Teun A. Van Dijk. Dalam tehnik pengumpulan data di penelitian ini, penulis melakukan observasi dan dokumentasi isi dari khutbah Jum'at ustadz H. Sunarto di bulan April sampai Mei di Surabaya yang selanjutnya ditulis kembali ke dalam bentuk teks. Dalam menganalisis teks ini, peneliti menggunakan model analisis Teun A. Van Dijk dengan tiga struktur pendekatan. Yaitu struktur Makro (Tematik), Super Struktur (Skematik), dan struktur Mikro (Semantik). Dari hasil penelitian ini, setelah peneliti menganalisis isi teks yang terdapat dalam khutbah ustadz H. Sunarto sesuai metode analisis wacana Teun A. Van Dijk. Dapat diambil kesimpulan bahwa dalam isi khutbah dari ustadz H. Sunarto mengandung pesan yang bertema seputar masalah keimanan dan ketakwaan yang harus ditanamkan pada diri masing-masing umat Islam. Harapan selanjutnya, setelah penelitian ini dilakukan dan dilaporkan adalah adanya peneliti lain yang berminat untuk lebih jauh meneliti isi khutbah dari ustadz H. Sunarto atau muballigh lain yang menggunakan model pendekatan peneltian selain analisis wacana Teun A. Van Dijk. Sehingga ke depan perkembangan kajian ilmu dakwah terkhusus ilmu rethorika dapat lebih berkembang dan luas jika dibandingkan pada saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subki, M. AjiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Dakwah > Dakwah - Materi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Khutbah; pesan dakwah; analisis isi; H. Sunarto
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2018 07:21
Last Modified: 22 Jun 2018 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25285

Actions (login required)

View Item View Item