Epistemologi hukum Islam Muhammad Syahrur: studi konsep ikhwah dalam waris kalalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuliana, Efi (2010) Epistemologi hukum Islam Muhammad Syahrur: studi konsep ikhwah dalam waris kalalah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Efi Zuliana_C01303116.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penilitian kepustakaan untuk menjawab dua pertanyaan:pertama, bagaimanakah epistemologi pemikiran Muhammad Syahrur?, kedua, bagaiama analisis hukum Islam terhadap pemikiran Muhammad Syahrur tentang konsep ikhwah dalam waris kalalah? Adapun penelitian ini bersifat historis-faktual karena meneliti tentang tokoh dan pemikirannya serta deskriptif-analisis dengan memberi gambaran utuh dan sistematis dalam mengungkap epistemologi pemikiran Muhammad Syahrur dan pemikirannya tentang konsep ikhwah dalam waris kalalah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa epistemologi Muhammad Syahrus adalah epistemologi Kantianisme Plus atau rasionalisme-kritis. Sedangkan kalalah menurut Muhammad Syahrur adalah orang yang meninggal dunia tidak meninggalkan ahli waris dari garis furu' dan garis ushul namun masih memiliki keluarga dari garis samping, yakni ikhwah. Ikhwah adalah saudara perempuan dan laki-laki, baik karena pertalian sekandung, sebapak atau seibu, semua adalah sama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuliana, EfiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Waris
Keywords: Muhammad Syahrur; Konsep ikhwah; Waris kalalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:44
Last Modified: 25 Jun 2018 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25290

Actions (login required)

View Item View Item