Implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis pesantren di Sekolah Dasar Al Ahmadi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrawati, Komariyah (2009) Implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis pesantren di Sekolah Dasar Al Ahmadi Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Komariyah Indrawati_D03205042.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25297

Abstract

kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesanten di Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya yang telah menjadi satu fenomena dalam dunia pendidikan sehingga diusia pendiriannya yang masih baru dapat menarik animo masyarakat untuk memasukkan putra-putrinya bersekolah di Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya. Dasar penelitian dalam skripsi ini terdiri dari tiga rumusan masalah yaitu konsep kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren, implementasi serta kendala dan pendukung dalam pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren di Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu kegiatan penelitian yang bersifat menggambarkan atau mendeskriptifkan suatu kejadian atau peristiwa, kejadian atau peristiwa disini adalah gambaran tentang implementasi kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren di Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya. Sumber data dari skripsi ini terdiri dari pertama, sumber kepustakaan yaitu buku-buku yang digunakan sebagai landasan teori diantaranya tentang kurikulum pendidikan agama Islam dan kurikulum pendidikan Islam di Pesantren. kedua. sumber lapangan yaitu Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya dengan key informan kepala sekolah ibu Mimawati Ladongga, MPd dan Bpk. Asharis, MAg selaku guru bidang kurikulum serta para guru pengajar dan siswa. Dalam memperoleh data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, penulis menganalisa dengan teknik reduksi data, sajian data (display) dan verifikasi atau simpulan, selain itu guna mengecek keabsahan data yang diperoleh, penulis mengadakan rencana uji kevaliditanya data dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya telah menerapkan kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren, hal ini dapat dilihat dari bentuk konsep, implementasi serta kendala dan pendukung pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren yang oleh penulis paparkan di Bab III pada penyajian data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrawati, Komariyah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2018 08:55
Last Modified: 25 Jun 2018 08:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item View Item