Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah Matematika dengan strategi Draw a Picture

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Siti and Hariyanti, Ayuk (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah Matematika dengan strategi Draw a Picture. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Tahun 2017, 6 Desember 2017, Bandung - Indonesia.

[img] Text
Siti Lailiyah_Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Draw a Picture.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/prosiding/pr...

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah yaitu rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses pemecahan masalah yang dihadapi secara ilmiah. Salah satu strategi pemecahan masalah yaitu strategi draw a picture, yaitu strategi yang terkait dengan pembuatan sketsa atau gambar untuk mempermudah memahami masalahnya dan mempermudah gambaran umum terhadap penyelesaiannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mempermudah siswa dalam memecahkan masalah menggunakan strategi pemecahan masalah draw a picture. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks, kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran, angket respon siswa dan hasil belajar siswa. Hasil analisis data ini yaitu: (1) kevalidan RPP dengan rata-rata sebesar 3,92 dan kevalidan LKS dengan rata-rata sebesar 3,94 yang termasuk kategori valid. (2) LKS dan RPP dinilai praktis dengan nilai B yang artinya perangkat dapat digunakan dengan sedikit revisi. (3a) Aktivitas siswa dinyatakan efektif dengan rata-rata sebesar 18,5. (3b) Keterlaksanaan sintaks dinyatakan efektif dengan 32 langkah yang terlaksana dan prosentase keterlaksanaan sebesar 100%. (3c) Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dikatakan efektif dengan rata- rata sebesar 3,79. (4) Respon siswa dikatakan positif dengan prosentase sebesar 71,7%. (5) Hasil belajar siswa dinyatakan tuntas yaitu mencapai rata-rata 70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Hariyanti, Ayukayukah21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Strategi Draw a Picture; pembelajaran berbasis masalah
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2018 03:03
Last Modified: 29 Jun 2018 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25333

Actions (login required)

View Item View Item