Sejarah perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq Gebangsari Jatirejo Mojokerto 2001-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmayanti, Nilna (2018) Sejarah perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq Gebangsari Jatirejo Mojokerto 2001-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nilna Rahmayanti_A02214016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq Gebangsari Jatirejo Mojokerto (2001-2017)”. Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana sejarah dan perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq? (2). Bagaimana Kegiatan Yayasan Ismul Haq?(3). Apa faktor pendukung dan penghambat Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq?. Untuk menjawab pertanyaan di atas, metode yang digunakan adalah metode penulisan sejarah. Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini adalah: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis (sejarah), sosiologi dan psikologi. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori feminologi dan hermeneutika. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq berdiri pada tahun 2001 yang didirikan oleh KH. Bahrul Ulum bertujuan untuk menyebarkan agama Islam dan mensejahterakan masyarakat. Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq berkembang baik dari sarana-prasarana, jumlah santri maupun cabang. 2). Jam’iyah Ismul Haq memiliki beberapa kegiatan rutinan dan terdapat kegiatan khusus diantaranya bela diri dan pengobatan. 3). Faktor pendukung dan penghambat Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq terbagi dalam dua faktor, yakni faktor internal yang berasal dari dalam Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq dan faktor eksternal yang berasal dari luar Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmayanti, Nilnanilnarahmayanti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah dan Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Ismul Haq Gebangsari Jatirejo Mojokerto
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rahmayanti Nilna
Date Deposited: 03 Jul 2018 03:14
Last Modified: 03 Jul 2018 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25342

Actions (login required)

View Item View Item