Study korelasi pelaksanaan pendidikan Islam non formal bagi masyarakat minoritas muslim dalam mempertahankan eksistensinya di tengah mayoritas masyarakat Hindu: di Kecicang Islam, Bungaya Kangin, Bebandem, Karangasem-Bali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyani, Susi (2011) Study korelasi pelaksanaan pendidikan Islam non formal bagi masyarakat minoritas muslim dalam mempertahankan eksistensinya di tengah mayoritas masyarakat Hindu: di Kecicang Islam, Bungaya Kangin, Bebandem, Karangasem-Bali. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Susi Ariyani_D31207028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanan pendidikan Islam Non formal bagi masyarakat minoritas muslim di tengah masyarakat mayoritas Hindu di Kecicang Islam, Bungaya Kangin, Bebandem, Karangasem-Bali, Bagaimana eksistensi masyarakat minoritas muslim di tengah masyarakat mayoritas Hindu di Kecicang Islam, Bungaya Kangin, Bebandem, Karangasem-Bali, Adakah kolerasi antara pelaksanaan pendidikan Islam Non formal dengan ke eksistensinya masyarakat muslim di Kecicang Islam, Bungaya Kangin, Bebandem, Karangasem-Bali dan Sejauh mana korelasi pelaksanaan pendidikan Islam Non formal dalam mempertahankan eksistensinya di tengab masyarakat mayoritas Hindu di Kecicang Islam,Bungaya Kangin, Bebandem, Karangasem-Bali. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim yang ikut dalam pendidikan Islam non formal, yang berjumlah 263 orang masyarakat muslim, sedangkan sampel yang di ambil yaitu sebanyak 50 orang masyarakat muslim. Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan babwa: Pelaksanaan pendidikan Islam non formal di Kecicang Islam, Bungaya Kangin, Bebandem, Karangasem-Bali yaitu penulis peroleb dari basil jawaban angket dengan prosentase 58,2% yaitu tergolong Cukup Baik, Ke Eksistensian masyarakat minoritas muslim di daerah Kecicang Islam, Bungaya Kangin, Bebandem, Karangasem-Bali yaitu penulis peroleh dari basil jawaban angket dengan prosentase 53%, yaitu terglong Cukup Baik, dari basil analisa diketahui Hasil perhitungan nilai rxy = 0,702, kemudian pada tabel "r "product moment dengan db 48, diperoleh nilai pada taraf 5% = 0,284 dan taraf 1% = 0,368. Dengan demikian nilai rxy lebih besar dibandingkan dengan nilai taraf 5% maupun 1%. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, yakni ada bubungan antara pelaksanaan pendidikan Islam non fonnal bagi masyarakat minoritas muslim, Besarnya pengaruh pelaksanaan pendidikan Islam non formal dengan ke eksistensian masyarakat muslim dapat diketahui setelah dikonsultasikan dengan "r" product moment antara 0,7-0,9 sehingga sejauh ini hubungan pelaksanaan pendidikan Islam non formal terhadap ke eksistensian masyarakat minoritas muslim di Kecicang Islam, Bungaya Kangin, Bebandem, Karangasem-Bali adalah sangat Kuat atau Tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyani, SusiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama > Hindu
Masyarakat Islam
Pendidikan
Keywords: Pendidikan Islam non formal; masyarakat muslim; masyarakat Hindu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2018 08:49
Last Modified: 03 Jul 2018 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25368

Actions (login required)

View Item View Item