Peran Pustakawan dalam meningkatkan layanan perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuzulia, Luluk (2011) Peran Pustakawan dalam meningkatkan layanan perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru, Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Luluk Nuzulia_D03206067.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25377

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan layanan Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo dengan beberapa rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana layanan perpustakaan sekolah di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo, (2) Bagaimana peran pustakawan dalam meningkatkan layanan perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Kemudian data di analisa dengan langkah-langkah reduksi data, display data, verivikasi dan simpulan agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Dalam enelitian ini menunjukan bahwa Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum mcmilild tiga jenis layanan, yaitu layanan sirkulasi, layanan referensi, dan layanan pendidikan pemakai dan pembinaan siswa. Layanan sirkulasi memberikan kesempatan bagi anggota perpustakaan yang dapat di bawa pulang sesuai dengan peraturan ya.ng berlaku, sedangkan layanan referensi adalah layanan yang diberikan kepada anggota yang membutuhkan informasi dan bimbingan penelusuran buku. Sistem layanan yang digunakan perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo adalah sistem layanan terbuka, sehingga anggota.perpustakaan dapat secara langsung memilih bahan pustaka yang dibutuhkan. Peran pustakawan di perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo sebagai sumber infonnasi dan pelaku jasa informasi. Upayanya dalam meningkatkan layanar dengan cara mengikuti pelatihan pengembangan minat baca dan pengembangan perpustakaan, bekerja sama dengan guru dalam pemilihan bahan pustaka yang tepat, pustakawan Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo sedang mengusahakan sistem komputerisasi (OPAC) dan juga peran pustakawan dalam meningkatkan layanan perpustakaan melakukan kegiatan dengan memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi dan mengadakan lomba karya ilmiah untuk memacu kreatifitas siswa diperpustakaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuzulia, Luluk--UNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Perpustakaan
Perpustakaan > Pegawai Perpustakaan
Keywords: Peran pustakawan; layannan perpustakaan; MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2018 06:38
Last Modified: 04 Jul 2018 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25377

Actions (login required)

View Item View Item