Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan qiro'ah al-Qur'an di Madrasah Aliyah Hidayatul Muwaffiq Penompo, Jetis, Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dawud, Ahmad (2011) Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan qiro'ah al-Qur'an di Madrasah Aliyah Hidayatul Muwaffiq Penompo, Jetis, Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Dawud_D03206027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah Negara yang penduduknya mayoritas beragama islam, baik tua, muda dan anak-anak. Melihat kaum muda di Indonesia mayoritas beragama islam, akan tetapi banyak yang belum dapat baca Al-Qur'an, padahal Al-Qur' an adalah kitab suci umat islam. Sedikit sekali kaum muda yang mengkaji tentang Al-Qur'an bahkan Sekolah atau madrasah sebagai basis pendidikan hanya memberikan waktu yang sedikit. Karena pendidikan tentang AI-Qur' an yang terbatas menjadi kendala, maka diperlukan pembinaan qiro'ah AI-Qur'an sebagai alternatifnya. Dalam penelitian ini menjawab pokok bahasan yang diterangkan dalam rumusan masalah: Bagaimana pembinaan qiro'ah Al-Qur'an di Madrasah Aliyah Hidayatul Muwaffiq Penompo, Jetis, Mojokerto? Bagaimana manajemen kegiatan ektrakurikuler dalam pembinaan qiro'ah AI-Qur'an di Madrasah Aliyah Hidayatul Muwaffiq Penompo, Jetis, Mojokerto? Apa saja faktor pendukung dan penghambat Kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan qiro'ah AI.Qur' an di Madrasah Aliyah Hidayatul Muwaffiq Penompo, Jetis, Mojokerto? Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian dilakukan secara eksploratif, dengan pendekatan fenomologi. Disamping studi literatur tentang kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan qiro'ah Al-Qur'an. Data penelitian dihimpun melalui metode pengumpulan data (observasi, intervew, dan dokumentasi) serta menentukan instrumen yang sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti dan selanjutnya dianalisa dengan analisis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan keabasahan data dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pembinaan qiro'ah AI-Qur'an di Madrasah Aliyah Hidayatul Muwaffiq sudah terlaksana sesuai dengan pengelolaan yang ada dengan manajemen kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan baik. Falior pendukungnya antara lain: Pembina dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: orang tua, teman sejawat, keterbatasan teknologi, serta siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dawud, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Al Qur'an
Keywords: Manajemen kegiatan; ektrakurikuler; pembinaan qiro'ah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2018 07:50
Last Modified: 04 Jul 2018 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25381

Actions (login required)

View Item View Item