Peran Kepala Sekolah dalam pengembangan bidang kerjasama di SMK Bubutan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mabrukah, Alibatun (2011) Peran Kepala Sekolah dalam pengembangan bidang kerjasama di SMK Bubutan Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alibatun Mabrukah_D33206094.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25398

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk menjawab tentang peran kepalah sekolah dalam pengembangan bidang kerjasama di SMK Bubutan Surabaya Oleh karena penelitian ini difokuskan pada (1) bagaimana peran kepala sekolah dalam pengembangan bidang kerjasama di SMK Bubutan Surabaya, (2) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung peran Kepala Sekolah dalam bidang pengembangan Kerjasama di Sekolah Menengah Kejuruan Bubutan Surabaya. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumbulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui proses reduksi, display, verifikasi serta penarikan kesimpulan. Laporan penelitian disajikan dalam bentuk diskriptif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam pengembangan bidang kerjasama di SMK Bubutan Surabaya dilakukan melalui dua cara yaitu. Pertama, kepala sekolah langsung mencari jaringan dengan men proposal ke pihak industry dan kedua, kepala sekolah mengajukan paoposal melalui dinas ketenagakerjaan (DEPNAKER). Adapun Metode pengembangan bidang kerjasama yang digunakan di SMK Bubutan Surabaya menggunakan model blok release dengan sistem tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun faktor pendukung dalam pengembangan bidang kerjasama SMK Bubutan Surabaya ada empat,yaitu: (I) adanya dukungan dari pemerintah yang memberikan rekomendasi kepada seluruh SMK Indonesia, (2) pelibatan guru mempunyai posisi yang penting dalam kerjasama, (3) industri dengan banyaknya para pengusaha yang ikut memperhatikan pendidikan, dan (4) faktor siswa yang mempunyai titik sentral keberhasilan dalam kerjasama. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu: (1). guru tidak mempunyai tujuan yang sama dalam suatu pencapaian (kerjasama) maka hal tersebut akan sulit untuk diwujudkan, (2) faktor penghambat siswa yang setelah terjun dilapangan tidak mematuhi kode etik/peraturan, dan (3) persaingan pengusaha yang tidak sehat dalam pasar global akan mempersulit suatu sekolah untuk menjalin hubungan kerjasama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mabrukah, Alibatun--UNSPECIFIED
Subjects: Hubungan Masyarakat
Kepala Sekolah
Keywords: Kepala Sekolah; kerjasama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2018 05:16
Last Modified: 05 Jul 2018 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25398

Actions (login required)

View Item View Item