Studi analisis fiqh jinayah terhadap penerapan kesadaran hukum bagi pengemis menurut pasal 504 KUHP di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Risad, Ahmad Habibi (2011) Studi analisis fiqh jinayah terhadap penerapan kesadaran hukum bagi pengemis menurut pasal 504 KUHP di Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Habibi Risad_C03206011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimana penerapan kesadaran hukum bagi pengemis menurut pasal 504 KUHP dan bagaimana tinjauan fiqh jinayah terhadap kesadaran hukum pidana bagi pengemis dalam menegakkan ketertiban umum di Surabaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pengumpulan data dengan melakukan observasi, interview, dan dokumentasi pada Dinas Sosial Surabaya sebagai instansi yang berwenang mengurusi pengemis dan gelandangan. Yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif dengan metode deduktif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengemis yang biasanya mangkal ditempat-tempat umum dan beroperasi di berbagai perempatan jalan atau sekitar lampu merah sehingga mengganggu ketertiban dan kelancaran orang berkendara. Terkadang mereka meminta-minta dengan cara memaksa. Maka menurut KUHP mereka akan dikenai hukuman 6 minggu atau bagi praktek mengemis yang dilakukan oleh 3 orang atau lebih, yang berusia diatas 16 tahun diancam dengan kurungan 3 bulan. Namun dalam penerapannya sanksi hukuman untuk para pengemis di Surabaya adalah 1 hari kemudian dikembalikan ke Dinas Sosial untuk mendapatkan pembinaan. Penerapan kesadaran hukum mengemis di Surabaya telah memenuhi unsur pada pasal 504 KUHP yang sesuai dengan unsur delik menurut doktrin dan dapat dikenakan sanksi dengan ketentuan peraturan pemerintah yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Risad, Ahmad HabibiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Penerapan kesadaran hukum: Pengemis
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2018 07:37
Last Modified: 05 Jul 2018 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25400

Actions (login required)

View Item View Item