Tinjauan hukum acara pidana Islam terhadap keterangan saksi ahli dalam penetapan perkara pidana menurut UU No. 8 tahun 1981

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baihaki, Muhibuddin (2011) Tinjauan hukum acara pidana Islam terhadap keterangan saksi ahli dalam penetapan perkara pidana menurut UU No. 8 tahun 1981. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhibuddin Baihaki_C03206034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana kedududkan keterangan saksi ahli dalam proses penyelidikan perkara pidana menurut UU No. 8 tahun 1981 dan bagaiaman kedudukan keterangan saksi ahli dalam proses penyelidikan perkara pidana menurut hukum acara pidana Islam. Data penelitian dihimpun dengan dokumentasi dan dan telaah pustaka. Selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif dengan pola pikir deduktif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peranan seorang saksi ahli dalam sidang perkara pidana digunakan sepanjang diperlukan saja. Apabila suatu perkara membutuhkan interpretasi dari ahlinya atau orang yang benar-benar mengenali suatu hal disiplin ilmu tertentu. Dalam Islam diwajibkan untuk bertanya pada ahlinya apabila menemui kesulitan dalam suatu perkara dan juga harus menyerahkan perkara- perkara kepada orang yang mempunyai ilmu. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Islam juga mengakui keterangan saksi ahli dalam penjelasan perkara pidana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baihaki, MuhibuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Saksi Ahli; Hukum Acara Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:34
Last Modified: 05 Jul 2018 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25402

Actions (login required)

View Item View Item