Program unggulan Green Education (G.E) dalam pengembangan kreatifitas di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al Muslim Wadung Asri Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muchlisotin, Arwinda (2011) Program unggulan Green Education (G.E) dalam pengembangan kreatifitas di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al Muslim Wadung Asri Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Arwinda Muchlisotin_D33206005.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25413

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka memunculkan dengan beberapa rumusan masalah yaitu (1) bagaimana pelaksanaan Program Unggulan Green Education (GE) di PAUD Al-Muslim Wadung Asri Waru-Sidoarjo, (2) bagaimana pengembangan kreatifitas di PAUD Al-Muslim Wadung Asri Warn- Sidoarjo dan (3) bagaimana pelaksanaan Program Unggulan Green Education (GE) dalam mengembangkan kreatifitas di PAUD Al-Muslim Wadung Asri Waru-Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa dengan langkah-langkah reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual clan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Bahwasanya dalam pelaksanaan program unggulan Green Education (GE) PAUD Al-Muslim Wadung Asri Warn-Sidoarjo dilaksanakan dengan integrasi antara gedung dan alam yang berupa tumbuh-tumbuhan produktif yaitu; perkebunan hingga tumbuhan yang tergolong dalam sayur mayur atau pertanian. Sedangkan secara soft konsep, PAUD Al-Muslim menerapkan sebuah konsep yang diberi nama Green Education atau yang biasa disingkat dengan GE. Proses pengembangan kreatifitas di PAUD Al-Muslim Wadung Asri Warn Sidoarjo dilakukan dengan pemberian fasilitas yang ramah lingkungan, sehingga anak-anak dapat berpikir secara out of box. Pelaksanaan program unggulan green education dalam mengembangan kreatifitas di PAUD Al-Muslim Wadung Asri Waru-Sidoarjo dilakukan dengan membentuk mental kreatif anak-anak, diterapkan sebuah sistem pembelajaran yang tidak saja dilakukan di dalam ruangan (indoor) tapi juga dilakukan di luar ruangan (outdoor) yang dikemas dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak sehingga anak-anak dapat bersentuhan langsung dengan alam dan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muchlisotin, Arwinda--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Program unggulan Green Education; pengembangan kreatifitas; Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2018 07:25
Last Modified: 06 Jul 2018 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25413

Actions (login required)

View Item View Item