Tipologi pesan dakwah Dai di Desa Sekaran Lamongan: studi komparatif terhadap pesan dakwah Dai alumni pondok pesantren dengan PTAI di Mushalla Raudhatul Thalibin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hindriasmita, Kiki (2010) Tipologi pesan dakwah Dai di Desa Sekaran Lamongan: studi komparatif terhadap pesan dakwah Dai alumni pondok pesantren dengan PTAI di Mushalla Raudhatul Thalibin. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiki Hindriasmita_B01206026.pdf

Download (658kB)

Abstract

Terdapat dua persoalan yang akan dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apa saja pesan dakwah dai alumni pondok pesantren dan dai alumni PTAI di mushalla Raudhatul Thalibin ? (2) Bagaimana perbedaan pesan dakwah dari masing-masing dai alumni Pondok Pesantren dengan dai alumni PTAI ? Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai isi pesan dakwah da'i alumni pondok pesantren dan dai alumni PTAI pada pengaj ian di Mushalla Raudhatul Thalibin di Desa Sekaran Lamongan .. Kemudian data terebut dianalisis secara komparatif. Penelitian ini menyimpulkan : Ada perbedaan pesan dakwah dai alumni Pondok Pesantren dan alumni PTAI yang dikaji dari berbagai aspek tipologi pesan dakwah diantaranya: 1) Dai alumni pondok pesantren menggunakan bahasa yang sederhana sedang dai alumni PTAI menggunakan bahasa yang bersifat ilmiah. 2) mereka mengangkat tema tentang pokok-pokok ajaran Islam yaitu akidah, syari'ah, akhlak. 3) Referensi yang digunakan dai alumni Pondok Pesantren adalah kitab-kitab klasik sedang alumni PTAI adalah kitab-kitab Modem. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti belum menjawab lebih jauh mengenai metode dan media yang digunakan oleh para dai di mushalla Raudhatul Thalibin serta perbandingan metode dan media yang mereka gunakan. Sekiranya masalah ini dapat menjadi bahan penelitian selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hindriasmita, KikiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Pendidikan > Pesantren
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Keywords: Tipologi pesan dakwah; Dai; pesantren; PTAI
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:06
Last Modified: 06 Jul 2018 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25416

Actions (login required)

View Item View Item