Analisis pesan dakwah acara Cakrawala Wanita di Radio RSPK Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Mansyuriyah (2011) Analisis pesan dakwah acara Cakrawala Wanita di Radio RSPK Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mansyuriyah Novitasari_B01207018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Focus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : bagaimana isi pesan dakwah di acara Cakraawala Wanita disiarkan oleh radio RSPK Sidorujo tepatnya di Jl. Pahlawan No 200 Magersari Sidoarjo dengan gelombang 100,8 FM disiarkan pada hari Jumat jam 08.00 sampaijam 09.00, dengan bentuk siaran setelah itu ceramah di sampaikan kemudiaan di buka seson tanya jawab. Yang dapat dilihat dari struktur tematik, struktur skematik, struktur sematik, struktur stilistik dan struktur retoris yang sesuai dengan wacana pendekatan Van Djik. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, maka penelitihan ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif, yang menggunakan metode analisis wacana model Van Djik. Perangkat wacana Van Dijk ini meliputi enam struktur, yaitu dari sisi sistematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik dan retorisnya. Setiap unit tersebut dirinci bet•dasarkan dimensi operasional analisis wacana sebagai berikut : topik, skema, latar, detail, maksud, pra-anggapan, nominalisasi, bentuk kalimat, koherensi, kata ganti, leksikon, gratis, metafora dan ekspresi. Pendekatan kualitatif digunakan karena ingin memahami makna subyek penelitian. Hal ini senada dengan analisis wacana yang bertujuan lebih melihat pada " bagaiman" H0W, sebuah pesan atau teks. Hasil yang didapatkan dari analisis wacana ini akan dideskripsikan dengan interpretasi dari seorang penulis. Kesimpulannya bahwa Secara umum terdapat tiga pesan dakwah yang di sampaikan melalui acara cakrawsala wanita yang disiarkan melalui radio RSPK yaitu berupa aqidah, syariah, dan akhlak. Tetapi yang lebih menonjol adalah tema akhlak kepada Allah SWT. Diperlukan kelanjutan dari apa yang te1ah dari apa yang telah penuHs 1akukan. Disini penulis hanya menganalisa teks pcsan dakwah dcngan tema sabar dan syukur atas nikmat Allah di radio RSPK Sidoarjo. Maka untuk penelitihan selanjutnya, penulis merekomondasikan untuk meneiiti tema yang sama dengan anaiisis yang berbeda. atau memiliki ten1a lain yang ada di radio RSPK Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, MansyuriyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Teknologi
Keywords: Pesan dakwah; acara Cakrawala Wanita; di Radio RSPK
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:18
Last Modified: 06 Jul 2018 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25417

Actions (login required)

View Item View Item