Pesan Dakwah Tabloid Kisah Hikmah: analisis wacana rubrik Silaturahim Edisi 88-91

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Hadad, Muchammad (2011) Pesan Dakwah Tabloid Kisah Hikmah: analisis wacana rubrik Silaturahim Edisi 88-91. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muchammad Al Hadad_B01207006.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25419

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana Struktur Makro yang ada dalam Tabloid Kisah Hilanah Rubrik Silaturahim edisi 88-91 Oktober-Desember 2010, (2) Bagaimana Super Struktur yang ada dalam Tabloid Kisah Hikmah Rubrik Silaturahim Edisi 88-91 Oktober-Desember 2010, (3) Bagaimana Struktur Mikro yang ada dalam Tabloid Kisah Hikmah Rubrik Silaturahim Edisi 88-91 Oktober-Desember 2010. Adapun tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah Ingin mengetahui Struktur Makro yang ada dalam Tabloid Kisah Hikmah rubrik silaturahim Edisi 88-91 Oktober-Desember 2010 dan mengetahui Super Struktur yang ada dalam Tabloid Kisah Hikmah rubrik silaturahim Edisi 88-91 Oktober-Desember 2010 serta mengetahui Struktur Mikro yang ada dalam Tabloid Kisah Hikmah rubrik silaturabim Edisi 88-91 Oktober-Desember 2010, berdasarkan teori analisis wacana perspektif Van Dijk. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini digunnakanlah metode kualitatif non kancah. Kemudian data yang diperoleh, penulis melakukan observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis wacana perspektif Van Dijk. Model ini menekankan pada aspek bahasa yang digunakan oleh media yang menggunakan 6 Elemen, yakni Tematik, Skematik, Semantik, Sintaksis dan Stilistik serta Retoris. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa (1) Struktur Makro yang ada dalam Tabloid Kisah Hikmah rubrik silaturahim edisi 88-91 Oktober-Desember 2010 menekankan pendalaman agama dan pengamalannya. Terutama cinta rasul dan salat sempurna serta hidup berbekal agama dan teknologi. (2) Super Struktur yang ada dalam Tabloid Kisah Hikmah rubrik silaturahim edisi 88-91 OktoberĀ­ Desember 2010 berisi tentang materi dakwah mengenai aqidah, syariah dan juga akhlak. (3) Struktur Mikro yang ada dalam Tabloid Kisah Hikmah rubrik silaturabim edisi 88-91 Oktober-Desember 2010 yakni, dari segi semantik adalah menjelaskan tentang peran dalam melakukan perubahan, seperti langkah awal perbaikan pendidikan. Dari segi sintaksis adalah menerangkan keinginan untuk memajukan Indonesia, seperti mengoptimalkan pengelolaan aset wakaf ke arah produktif. Dari segi stilistik adalah menunjukkan sikap dan ideologi, seperti pentingnya mendalami ilmu kealaman. Dari segi retoris adalah lebih menonjolkan kwalitas dalam membentuk karakteristik seseorang, seperti mengutamakan urusan Allah dan membela Rasulullah dalam menyiarkan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Hadad, Muchammad--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Pesan Dakwah; Kisah; Analisis Wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:25
Last Modified: 06 Jul 2018 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25419

Actions (login required)

View Item View Item