Analisis terhadap pembatalan putusan Pengadilan Agama Pamekasan tentang sengketa harta bersama oleh Pengadilan Tinggi Agama Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasibuan, Herizal (2010) Analisis terhadap pembatalan putusan Pengadilan Agama Pamekasan tentang sengketa harta bersama oleh Pengadilan Tinggi Agama Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Herizal Hasibuan_C51206036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan: Pertama, apa dasar hukum hakim Pengadilan Agama Pamekasan dan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dalam memutuskan perkara gugatan pembagian harta bersama dalam perkara Nomor 139/Pdt.G/2008/PA.Pmk. dan perkara Nomor 347/Pdt.G/2008/PTA.Sby. Kedua, mengapa putusan Pengadilan Agama Pamekasan Nomor 139/Pdt.G/2008/PA.Pmk. dibatalkan oleh Pengadilan Tinggi Agama Surabaya?. Ketiga, bagaimana analisis Hukum Islam terhadap pembatalan tersebut?. Data penelitian dihimpun dari dokumen berkas perkara yang berkaitan dengan kasus tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yang selanjutnya dianalisis dengan perspektif teori hukum positif dan hukum Islam. Hasil penelitian ditemukan bahwa Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dan Pengadilan Agama Pamekasan dalam membuat keputusan sangat tergantung pada hasil pembuktian. Pengadilan Tinggi Agama Surabaya membatalkan putusan pengadilan Agama Pamekasan karena saksi yang dihadirkan oleh penggugat dalam persidangan adalah saudara kandung. Sehingga terdapat kecacatan dalam proses persidangan karena bertentangan dengan Hukum Acara yang berlaku di pengadilan Agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasibuan, HerizalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Peradilan Agama Islam
Keywords: pembatalan putusan Pengadilan; Sengketa harta bersama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:24
Last Modified: 09 Jul 2018 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25423

Actions (login required)

View Item View Item