Dakwah melalui lagu: analisa semiotika dakwah lagu "Mari Sholawat" Wali Band

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yamani, Zaki (2011) Dakwah melalui lagu: analisa semiotika dakwah lagu "Mari Sholawat" Wali Band. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zaki Yamani_B01207035.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25430

Abstract

Terdapat persoalan yang hendak dikaji dalam penelitian ini, yaitu: apa makna pesan dakwah yang ada pada lagu religi "Mari Sholawat" Wali Band ? memaluli analisis semiotika Charles S. Pierce. Untuk mengungkap masalah tersebut secara menyeluruh dan dalam, penelitian ini menggunakan metode deskripsi yang berguna memberikan fakta dan data mengenai syair lagu "Mari Sholawat" Wali Band yang ada dalam album religi " Ingat Sholawat" dan data yang terdapat dari situs internet, yang kemudian data tersebut dianalisis dengan cara interpretasi menggunakan analisis semiotika Charles S. Pierce, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang teks syair tersebut. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa makna syair lagu " Mari Sholawat" dalam proses dan kegiatan dakwah, yakni pesannya lebih menekankan pada manusia untuk selalu mengingat, memuji, dan meninggalkan larangan Allah. Dan dalam lagu "Mari Sholawat" Wali Band dikembangkan dengan analisis semiotik Charles S. Pierce yakni struktur tanda, objek, dan interpretant. Melalui analisa semiotik, peneliti bukan hanya mengetahui isi dan teks syair lagu tersebut, tetapi juga mengetahui bagairnana pesan lagu tersebut disampaikan melalui teks, syair, dan latar. Berdasarkan permasalahan dan kesimpulan tersebut, penelitian ini belum menjawab lebih jauh tentang bagaimana tanggapan masyarakat mengenai syair lagu " Mari Sholawat" dan pengaruhnya terhadap masyarakat. Kiranya terna ini dapat dijadikan masalah untulc penelitian selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yamani, Zaki--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Semiotika
Keywords: Dakwah lagu; Mari Sholawat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2018 08:52
Last Modified: 09 Jul 2018 08:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25430

Actions (login required)

View Item View Item