Efektivitas metode think pair share pada pengoperasian komputer program microsoft word dalam meningkatkan ketrampilan komunikasi siswa kelas VIII A di SMPLB Tunarungu Karya Mulia Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyarofah, Siti Samsiatul (2010) Efektivitas metode think pair share pada pengoperasian komputer program microsoft word dalam meningkatkan ketrampilan komunikasi siswa kelas VIII A di SMPLB Tunarungu Karya Mulia Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Samsiatul Musyarofah_B07206025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode think pair share pada Pengoperasian Komputer Program Microsoft Word dalam Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa Kelas VIII A di SMPLB Tunarungu Karya Mulia Surabaya. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMPLB Tunarungu Karya Mulia Surabaya, yang berjumlah 12 siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan eksperimental, jenis desain penelitian one group pretest posttest design. lnstrumen pengumpul data melalui observasi, check list, dan dokumentasi. Sehingga basil data dianalisis dengan menggunakan analisis uji Tanda (sign test) pada program SPSS 15.0for windows. Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata sebelum lebih kecil dari nilai rata-rata sesudah diberikan metode think pair share yaitu 6,83 < 11,33 menyatakan adanya perubahan yang signifikan pada ketrampilan komunikasi anak tunarungu. Berdasarkan data pada kolom Asymp. •Sig. (2-tailed) sebesar 0,002, atau siginifikansi < 0,05 (0,002 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran komputer program microsoft word dalam meningkatkan ketrampilan komunikasi pada siswa Kelas VIII A SMPLB Tunarungu Karya Mulia Surabaya. Jadi dapat disimpulkan metode think pair share pada pengoperasian komputer program microsoft word secara efektif dapat meningkatkan ketrampilan komunikasi siswa kelas VIII A S:MPLB Tunarungu Karya Mulia Surabaya, terbukti. Yaitu siswa lebih sering berdiskusi mencari pemecahan masalah di setiap masalah yang diberikan oleh guru, interaksi sosial berupa kerjasama dan komunikasi lebih baik, saling berbagi informasi, dan mampu melaksanakan informasi dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyarofah, Siti SamsiatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komputer
Komunikasi
Keterampilan
Keywords: Metode think pair; program microsoft word; ketrampilan; komunikasi siswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2018 03:35
Last Modified: 13 Jul 2018 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25460

Actions (login required)

View Item View Item