Representasi jihad dalam foto seri Mencari Tuhan: study analisis semiotik terhadap foto seri karya Mamuk Ismuntoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asim, Moch. (2009) Representasi jihad dalam foto seri Mencari Tuhan: study analisis semiotik terhadap foto seri karya Mamuk Ismuntoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moch. Asim_B06303016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil analisis semiotik tentang representasi jihad dalam sebuah karya foto seri "Mencari Tuhan". Dua permasalahan dalam penelitian ini yang hendak dikaji, yaitu: 1) Bagaimana Profil Foto Seri "Mencari Tuhan"? dan 2) Bagaimana representasi jihad dalam foto seri "Mencari Tuhan" ? Demi mengungkap permasalahan tersebut secara menyel uruh dan mendalam, maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai profil dan representasi dalam foto seri "Mencari Tuhan", kemudian berdasarkan data tersebut peneliti menggunakan analisis isi milik Roland Barhtes, sehingga diperoleh pemaparan yang mendalam tentang representasi jihad di dalam foto seri "Mencari Tuhan" Dari basil penelitian ini ditemukan bahwa, foto seri "Mencari Tuhan" adalah gambaran visual yang mengangkat sebuah fenomena ziarah atau berkunjung mendatangi kawasan wisata religi masjid dan makam Sunan Ampel dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah, yang telah menjadi tradisi dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Kegiatan ibadah yang mereka lakukan selama satu bulan penuh di sana merupakan representasi dari jihad. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan 1) Bagi pembaca, diharapkan agar lebih cermat dalam memahami makna dari setiap suguhan informasi dari media manapun dan dalam bentuk apa pun baik itu berupa karya fotojurnalistik maupun yang lainnya. 2) Bagi pihak pembuatnya, yakni Mamuk Ismuntoro agar lebih meningkatkan lagi kemampuannya dalam menyajikan sebuah karya foto seri, sehingga pada penciptaan karya berikutnya dapat menjadi lebih baik dan lebih berkualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asim, Moch.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Jihad
Ziarah Kubur
Keywords: Jihad; foto seri Mencari Tuhan; foto karya Mamuk Ismuntoro
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:08
Last Modified: 13 Jul 2018 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25461

Actions (login required)

View Item View Item