Perbedaan prestasi belajar mata pelajaran biologi pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran individual dengan prestasi belajar mata pelajaran biologi pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Di SMP Negeri 1Kalisat Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiyah, Ilmintania (2011) Perbedaan prestasi belajar mata pelajaran biologi pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran individual dengan prestasi belajar mata pelajaran biologi pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Di SMP Negeri 1Kalisat Jember. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmintania Alfiyah_B07206058.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25468

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Adakah Perbedaan prestasi belajar pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran individual dan kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran individual dan kooperatif. Untuk menggungkap permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan jenis penelitian eksperimental yakni penelitian yang paling memungkinkan peneliti mengendalikan variabel-variabel lain yang diduga ikut berpengaruh terhadap variabel-variabel terikat. Sampel (subyek) dalam penelitian ini adalah sebagian siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 1 Kalisat yang berjumlah 70 orang. Pada kelas eksperimen kooperatif berjumlah 36 siswa pada kelas VII B, sedangkan kelas eksperimen individual berjumlah 35 siswapada kelas VIIA. Dari data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar. Yang dianalisis menggunakan Uji-t untuk sampel bebas (independent-samples T­ test) dengan menggunakan bantuan program SPSS diperoleh hasil perhitungan yaitu pada label signifikansi dalam data pada kolom Asymp. Sig. (2 - tailed) (asymptotic significance untuk dua sisi) sebesar 0,000, karena signifikansi lebih kecil dari pada 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dari analisis yang telah dilakukan diatas maka dapat ditarik kesimpualan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar mata pelajaran biologi pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran individual dengan prestasi belajar mata pelajaran biologi pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiyah, Ilmintania--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Strategi Pembelajaran (kooperatif dan Individual); Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2018 09:28
Last Modified: 13 Jul 2018 09:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25468

Actions (login required)

View Item View Item