Pengembangan kurikulum pesantren: studi kasus di Pondok Pesantren Salafiyah Musa’idin Dukuh Gambiran Desa Madigondo Kec. Takeran Kab. Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Laila Nuzulul (2011) Pengembangan kurikulum pesantren: studi kasus di Pondok Pesantren Salafiyah Musa’idin Dukuh Gambiran Desa Madigondo Kec. Takeran Kab. Magetan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Laila Nuzulul Rochmah_D01207067.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25482

Abstract

Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren adalah kurikulum yang khas yang berlaku di Pondok Pesantren Salafiyah yang bersangkutan, ditambah dengan beberapa mata pelajaran umum yang menjadi suatu Kesatuan Kurikulum dalam program pendidikan pondok pesantren. Pembuatan kurikulum ini, dibuat sendiri oleh pihak pondok pesantren dengan sistem pembelajaran non klasikal atau dengan klasikal. Pondok Pesantren Salafiyah Musa'idin sebagai salah satu Pondok Pesantren yang mengalami perkembangan yang cukup pesat, mulai dari sistem pendidikan maupun sarana dan prasarana yang ada. Dari latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian pengembangan kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah Musa'idin dengan judul Pengembangan Kurikulum Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Salafiyah Musa'idin Dukuh Gambiran Desa Madigondo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan). Dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana Pengembangan Kurikulum Pesantren pada masa periode tahun 1988 sampai sekarang di Pondok Pesantren Salafiyah Musa' idin? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pengembangan kurikulum pesantren di Pondok Pesantren Salafiyah Musa'idin? 3. Bagaimana upaya-upaya pengurus Pondok Pesantren Salafiyah Musa'idin dalam meningkatkan pengembangan kurikulum pesantren? Penulis menyarankan supaya hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam upaya merumuskan kebijakan-kebijakan yang terkait dalam peningkatan pengembangan kurikulum pesantren di Pondok Pesantren Salafiyah Musa'idin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, Laila Nuzulul--UNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pesantren
Keywords: Pengembangan Kurikulum; Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2018 08:42
Last Modified: 16 Jul 2018 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25482

Actions (login required)

View Item View Item