Perilaku Agresif dan Fanatisme anggota perguruan pencak silat x

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriyah, Fatimatuz (2011) Perilaku Agresif dan Fanatisme anggota perguruan pencak silat x. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fatimatuz Zuhriyah_B07304037.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pertama bagaimana bentuk-bentuk perilaku agresif anggota perguruan pencak silat x, kedua faktor apa saja yang menyebabkan perilaku agresif anggota perguruan pencak silat x, ketiga bagaimana fanatisme anggota perguruan pencak silat x. Subyek penelitian ini adalah salah satu perguruan pencak silat x dan informan adalah salah satu dari anggota perguruan pencak silat tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang menggunakan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perilaku agresif yang sering muncul oleh anggota perguruan pencak silat adalah, pertama verbal-aktif­ langsung, berupa caci-maki atau ungkapan-ungkapan kotor yang berasal dari anggota perguruan pencak silat x, hinaan, dan mengejek anggota perguruan pencak silat lain. Kedua fisik-aktif-langsung, berupa pemukulan dan tindakan fisik yang bertujuan menyakiti lawan dan ketiga fisik-aktif-tidak langsung, berupa pengerusakkan rumah dan fasilitas umum lainnya. Sedangkan faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku agresif adalah karena faktor amarah (emosi), provokasi dan kekuasaan dan ketaatan. Sikap fanatisme yang sering terjadi diperguruan pencak silat ini adalah kepatuhan yang berlebihan dan pengorbanan secara fisik maupun psikis. Individu yang fanatik akan cenderung kurang memperhatikan kesadaran sehingga seringkali perilakunya kurang terkontrol dan tidak rasional. Apabila bentuk kognitif ini mendasari fanatisme terhadap perguruan pencak silat tersebut, maka peluang munculnya agresi akan semakin kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriyah, Fatimatuz--UNSPECIFIED
Subjects: Pencak Silat
Perilaku
Keywords: Fanatisme; perilaku agresif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2018 07:15
Last Modified: 17 Jul 2018 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item View Item