Reformulasi materi kurikulum di pesantren: studi analisis terhadap materi pendidikan di Pesantren At Tauhid Sidosermo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Na'i, Mohammad (2011) Reformulasi materi kurikulum di pesantren: studi analisis terhadap materi pendidikan di Pesantren At Tauhid Sidosermo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Na'i_D54207024.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25496

Abstract

Pondok Pesantren berbeda dengan lembaga Pendidikan lain. Pesantren memiliki cukup banyak keunikan dan daya tarik, baik dari sosok luar kehidupan sehari-hari, maupun pendidikannya bahkan kelembagaannya. Peran kelembagaan pesantren dalam merumuskan tradisi keilmuan islam sangat besar. Ilmu-ilmu yang berporos pada piramida kalam fiqh dan tasawuf. Dengan berbagai variasi aksentuasi pembidangan yang terjadi ciri khas pondok pesantren. Salah satu langkah strategis yang dapat dilakukan di Pondok Pesantren adalah memformulasi urikulum pendidikan. Kurikulum sebagai salah satu komponen dari sistem pendidikan memerankan posisi yang sangat signifikan dalam menentukan arah dan kualitas output yang dihasilkan dari pendidikan pondok pesantren. Salah satu kurikulum yang dikembangkan adalah kitab kuning, selain sebagai salah disiplin ilmu juga sebagai keserasian untuk dipelajari dan mendominasi waana keilmuan pesantren yang mengarah kepeada fiqh kitab kuning versi Imam Syafii dan versi fiqh Martin Van Bruinessen. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kulitatif dengan menggunakan teknik observasi, interview dan dokumenter dalam upaya mengumpulkan datanya. data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggukan model analisis interaktif dan ditafsirkan secara kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini tidak mempersoalkan antara variabel, oleh karenanya dalam penelitian ini tidak menggunakan hipotesis. Adapun tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah membuat pencandraan secara sistimatis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan syarat-syarat populasi di daerah tertentu terutama dikalangan ponok pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Na'i, Mohammad--UNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Kurikulum pesantren; pendidikan pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:49
Last Modified: 09 Nov 2018 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25496

Actions (login required)

View Item View Item