Pekembangan sosial anak usia sekolah yang mengikuti Homeschooling Goup: studi kasus di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 10 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Koiriyah, Siti (2010) Pekembangan sosial anak usia sekolah yang mengikuti Homeschooling Goup: studi kasus di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 10 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Koiriyah_B07206060.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25513

Abstract

Pennasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana perekembangan anak usia sekolah yang mengikuti homeschooling goup SD Khoiu Ummah 10 Surabaya dan apasajakah faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak di homeschooling group SD Khoiru Ummah 10 Surabaya. Adapun tujuannya untuk menjelaskan bagaimana pekembangan sosial dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak usia sekolah di homeschooling group SD Khoiru Ummah 10 Surabaya. Untuk menjawab permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai pekembangan sosial anak usia sekolah di homeschooling group tersebut. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview dan penelusuan dokumentasi. Sedangkan untuk memahami data secara sistematis, maka teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekembangan sosial anak usia sekolah di homeschooling SD Khoiru Ummah 1 Surabaya meliputi sebagai berikut:a) perkembangan sosial anak-anak homeschooling Group, tampak beberapa hal rajin dan disiplin, antara lain dengan bentuk-bentuk perkembangan negatifisme mengarah pada kepatuhan, agresi, berselisih ke berteman, Teasing, Rivalvy, competition, berkuasa ke berjiwa memimpin, selfissing dan sympaty sudah cukup berkembang dan basil belajar dengan pengarahan perkembangan sosial didasarkan pada akidah Islam yang nampak pada aktifitas amar makruf nahi munkar, b) Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak usia sekolah yang mengikuti Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 10 Surabaya yakni Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial yaitu berdasarkan aliran konvergensi yakni gabungan antara nativisme yang meliputi self concept, self potencial dan empirisme lingkungan seperti; lembaga pendidikan, peran­ fungsi orang tua, masyarakat- sosiosistemik. Karakteristik perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi keadaan arah pendidikan sosial yang diajarkan, pola asuh-peran fungsi orang tua dengan pendidik serta masyarakat secara komprehensif dan solid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Koiriyah, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Perkembangan Sosial Anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2018 07:49
Last Modified: 20 Jul 2018 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25513

Actions (login required)

View Item View Item