Pengembangan game “PADUKA.exe” berbasis RPG Maker MV sebagai media belajar mandiri pada materi Fungsi Komposisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadifah, Luluk Ulmu (2018) Pengembangan game “PADUKA.exe” berbasis RPG Maker MV sebagai media belajar mandiri pada materi Fungsi Komposisi. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Luluk Ulmu Nadifah_D74214062.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Diperlukan suatu terobosan baru dalam menarik perhatian siswa untuk belajar mandiri dengan cara yang berbeda, misalnya dengan mengembangkan game edukasi sebagai media belajar mandiri pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan serta keefektifan game “PADUKA.exe” berbasis RPG Maker MV sebagai media belajar mandiri pada materi fungsi komposisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dengan tahapan: 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, 5) evaluation. Data uji coba pada penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data field note, validasi, angket, serta tes ketuntasan level game. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game “PADUKA exe” dikembangkan dengan lima tahapan ADDIE. Pada tahap analisis dilakukan analisis kinerja dan analisis kebutuhan, pada tahap desain dilakukan rancangan elemen pembentuk game, pada tahap pengembangan dilakukan realisasi tahap desain, pada tahap implementasi dilakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media, uji coba kepada calon guru matematika, serta uji coba kepada siswa, pada tahap evaluasi dilakukan pengolahan data serta klarifikasi semua data dengan kriteria yang ditetapkan sebelumnya. Media yang dikembangkan dinyatakan sangat valid yang dilihat dari hasil penilaian validator terhadap game “PADUKA.exe” dengan nilai rata-rata total validasi sebesar 4,46. Selain itu, media dinyatakan praktis yang dilihat berdasarkan penilaian validator bahwa media dapat digunakan dilapangan dengan sedikit revisi, dan dilihat dari persentase respons calon guru matematika yang dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 81,45%. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa media dinyatakan efektif yang dilihat dari respons siswa yang sangat kuat terhadap game “PADUKA.exe” dengan persentase respons sebesar 94,75%, serta persentase siswa yang tuntas dalam game “PADUKA.exe” sebesar 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadifah, Luluk Ulmululuklun656@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Keywords: Media belajar mandiri; Game “PADUKA.exe”; RPG Maker MV
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadifah Luluk Ulmu
Date Deposited: 24 Jul 2018 06:50
Last Modified: 24 Jul 2018 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25518

Actions (login required)

View Item View Item