Telaah kritis-metodologis terhadap konsep dan praktek living Qur’an di masyarakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ar Rakhman, Amylia Kurnia (2018) Telaah kritis-metodologis terhadap konsep dan praktek living Qur’an di masyarakat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amylia Karunia AR_F020515113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an di turunkan ke bumi untuk menjadi wahyu yang agung bagi nabi Muhammad Saw dan kemudian di samopaikan kepada umatNya sebagai sebuah pedoman hidup atau way of life bagi umat Islam. Sebagai way of life Al-Qur’an kemudian di pelajari, di pahami dan di amalkan. Dan itu memunculkan keragamaan pemaknaan yang berbeda-beda sesuai dengan letak geografis umat muslim atau yang saat ini bisa kita sebut living Qur’an. Living Qur’an merupakan sebuah pendekatan baru dalam kajian Al-Qur’an yang mempelajari respon masyarakat terhadap penerapan-penarapan Al-Qur’an. Dimana Al-Qur’an sering kali direspon hanya berdasarkan formalitas tanpa mengetahui dasar-dasarnya, hanya berdasarkan kebudayaan atau taklid buta terhadap tradisi dan ajaran yang bersifat dogmatic. Sehingga repon Al-Qur’an yang ada di masyarakat pun tidak hanya bersifat positive tetapi juga negative. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mengkrtisi kembali konsep living Qur’an. Agar living Qur’an tidak hanya sebatas meneliti respon masyrakat. Kemudian yang selanjutnya adalah mengurai metode terbaik dalam penerapan membumikan Al-Qur’an di masyrakat. Ada tiga persoalan penting yang hendak dijawab oleh penelitian ini. Pertama, Bagaimana konsep living Qur’an. Kedua, Bagaimana praktek living Qur’an di kalangan masyarakat. Dan ketiga, Bagaimana kritik-Metodologis terhadap konsep dan praktek living qur’an di masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan model penelitian dengan metode library research (penelitian kepustakaan) dengan menalaah bahan-bahan pustaka berupa buku, ensikopedi, jurnal, dan sumber-sumber lainnya. Data-data yang sudah ada tersebut kemudian di analisis menggunakan metode deskriptif-analisis sehingga mampu memberikan benang merah yang kritis. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa hasil penelitian yaitu, pertama adalah penelitian Living Qur’an tidak hanya sebatas meneliti respon masyrakat, melainkan bagaimana cara membumikan Al-Qur’am di tengah-tengah masyarakat. Yang kedua, metode yang digunakan pun harus bersifat partisipati dan menggunakan dakwah bil Jam’iyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ar Rakhman, Amylia Kurniaamel.karunia@gmail.comF020515113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Subjects: Masyarakat Islam
Perilaku
Al Qur'an
Keywords: Konsep dan praktek living Qur’an; masyarakat
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Karunia AR Amylia
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:07
Last Modified: 25 Jan 2021 14:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25575

Actions (login required)

View Item View Item