Implementasi produk jasa Bank Garansi iB dalam pola penjaminan kontra bank garansi di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyah, Ahyana (2018) Implementasi produk jasa Bank Garansi iB dalam pola penjaminan kontra bank garansi di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahyana Fithriyah_G74214081.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Produk Jasa Bank Garansi iB dalam Pola Penjaminan Kontra Bank Garansi di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi produk jasa Bank Garansi iB dalam pola penjaminan kontra bank garansi di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo dan bagaimana implikasi penerbitan bank garansi dalam pola penjaminan kontra bank garansi di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu pegawai Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo yang terlibat dalam pelaksanaan produk jasa bank garansi serta beberapa user bank garansi di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo. Hasil penelitian yang diperoleh adalah implementasi produk jasa Bank Garansi iB dalam pola penjaminan kontra bank garansi di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo berjalan dan dilaksanakan dengan baik. Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo memberikan sistem pelayanan yang cepat (one day service) dalam penerbitan bank garansi dengan pola penjaminan kontra bank garansi. Implementasi penerbitan bank garansi dalam pola penjaminan kontra bank garansi di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: tahap permohonan, tahap analisa, tahap pemrosesan dan penerbitan bank garansi, serta tahap penyelesaian bank garansi. Dengan adanya penerbitan bank garansi dalam pola penjaminan kontra bank garansi, sangat menguntungkan baik bagi Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo maupun bagi nasabah (principal) selaku pengguna produk jasa bank garansi. Dampak bagi Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo adalah bank memperoleh pendapatan dari penerbitan bank garansi, sehingga meningkatkan fee based income perusahaan. Sedangkan bagi nasabah (principal) adalah nasabah (principal) dapat memperoleh fasilitas bank garansi tanpa memerlukan alokasi jaminan atau cash collateral dengan jumlah yang besar, hanya berkewajiban untuk membayar biaya-biaya sebagai berikut: biaya premi asuransi, biaya administrasi dan biaya materai. Meringankan nasabah, karena tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan bank garansi biasa. Dalam rangka optimalisasi Produk Jasa Bank Garansi iB dalam pola penjaminan kontra bank garansi di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo, diharapkan pihak bank dapat meningkatkan mengenai promosi terhadap adanya produk jasa ini agar dapat dikenal luas oleh masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyah, Ahyanaahyanafithriyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Produk Jasa Bank Garansi iB; Kontra Bank Garansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fithriyah Ahyana
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:46
Last Modified: 30 Jul 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25596

Actions (login required)

View Item View Item