Peningkatan kreativitas seni kriya melalui media daur ulang pada mata pelajaran Seni Rupa kelas 5B MI Ma'arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chalidah, Rara Dina (2018) Peningkatan kreativitas seni kriya melalui media daur ulang pada mata pelajaran Seni Rupa kelas 5B MI Ma'arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rara Dina Chalidah_D07214025.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: kreativitas seni kriya, media daur ulang
Penelitian ini berawal dari rendahnya kreativitas seni kriya peserta didik kelas 5B pada mata pelajaran seni kriya di MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. Data yang didapat menunjukkan, dari 21 peserta didik hanya 13 peserta didik yang memenuhi nilai KKM. Sedangkan 8 peserta didik yang lain mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan kreativitas seni kriya peserta didik kelas 5B. penerapan media daur ulang dipilih menjadi solusi permasalahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan media daur ulang dalam peningkatan kreativitas seni kriya mata pelajaran seni rupa peserta didik kelas 5B MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan kreativitas seni kriya peserta didik kelas 5B MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo dalam mata pelajaran seni rupa setelah digunakannya media daur ulang. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pebelitian ini adalah peserta didik kelas 5B MI Ma’arif Pademonegoro yang terdiri dari 21 peserta didik. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan media daur ulang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, penilaian produk, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media daur ulang sudah diterapkan sesuai perencanaan. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 76,92 (baik) menjadi 84,61 (sangat baik) pada siklus II. Dibuktikan juga dengan peningkatan hasil aktivitas peserta didik dari perolehan skor 72,92 (baik) pada siklus I menjadi 81,25 (sangat baik) pada siklus II. (2) Kreativitas seni kriya mata pelajaran seni rupa melalui media daur ulang siswa kelas 5B MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sebesar 80,16 (baik) dengan persentase ketuntasan belajar 71,43% (cukup), meningkat menjadi 85,12 (baik) dengan persentase ketuntasan belajar 80,95% (baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chalidah, Rara Dinararadinachalidah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesenian
Pendidikan > Media
Keywords: Kreativitas seni kriya; media daur ulang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Chalidah Rara Dina
Date Deposited: 27 Jul 2018 08:47
Last Modified: 27 Jul 2018 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25598

Actions (login required)

View Item View Item