إعداد مواد تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكلام في البرنامج اللغوي الإضافي :البحث والتطوير لطلاب الصف الأول الثانوي بمعهد منبع الصالحين غرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhrudin, Idrus (2018) إعداد مواد تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكلام في البرنامج اللغوي الإضافي :البحث والتطوير لطلاب الصف الأول الثانوي بمعهد منبع الصالحين غرسيك. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Idrus Fakhrudin_F02616130.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Materi ajar dalam pembelajaran bahasa arab adalah unsur yang terpenting serta mepunyai peranan yang besar untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran, dalam kegiatan pembelajaran di program kursus bahasa arab pondok pesantren mambaus sholihin gresik, di ketahui bahwa materi ajar yang di ajarkan oleh guru tidak mempunyai buku materi ajar yang tetap, biasanya buku yang di gunakan setiap pembelajaran berbeda – beda serta materi yang ada di dalamnya tidak sesuai dengan tingkatan siswa, di dalam buku tersebut tidak terdapat pertanyaan pemahaman , latihan-latihan serta pengetahuan dari segi tarkib nahwiyah dan shorfiyahnya. peneliti mengetahui ada permasalahan yang dialami oleh santri-santri dalam berlangsunya proses pembelajaran diantaranya: para santri masih berlahjah jawa dalam percakapan bahasa arab, mereka tidak mempunya keberanian dalam berbicara bahasa arab pada sehari-hari, serta siswa tidak mampu berbicara bahasa arab sesuai dengan susunan tarkib nahwiyah dan sorfiyahnya. Dan untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh santri kelas 1 program kursus bahasa arab di pondok pesntren mambaus sholihin, peneliti menyusun materi ajar bahasa arab untuk menikatkan keterampilan berbicara santri, peneliti menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis data dan nilai, serta menjelaskan efektifitas penerapan materi ajar dalam pembelajaran bahasa arab. adapun sampelnya adalah para santri kelas 1 tingkat Tsanawiyan yang bejumlah 20 santri, sedangkan teknik pengumpulan data nya berupa : observasi, interview, tes, angket, dan dokumentasi. Berikut ringkasan hasil penelitian ini : 1) kurikulum pesantren yang di tetapakkan di pondok pesantren tersebut digunakan sebagai acuan dalam penyusunan bahan ajar yang di implementasikan pada program kursus bahasa arab, dan di gunakan sebagai landasan proses pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren mambaus sholihin. 2) penyusunan bahan ajar yang terdesain memiliki beberapa proses tahap pembuatan agar memiliki karakter sebagai peningkatan kemampuan bahasa khususnya keterampilan berbicara. 3) adanya efektifitas dari materi ajar dibuktikan dengan adanya perubahan dari nilai pre test dan post test berdasarkan atas perbandingan t-hitung dan t-tabel yang menunjukkan t-hitung lebih besar dari pada t-tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhrudin, Idrusidrus7326@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Keterampilan berbicara; penyusunan materi ajar bahasa arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fakhrudin Idrus
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:48
Last Modified: 30 Jul 2018 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25599

Actions (login required)

View Item View Item