Hubungan kepemimpinan partisipatif dengan komitmen organisasi di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pujianto, Haryo Agus (2018) Hubungan kepemimpinan partisipatif dengan komitmen organisasi di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Haryo Agus Pujianto_D73214038.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam upaya mencapai tujuan sekolah, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah dengan adanya seorang pemimpin yang partisipatif dan juga komitmen organisasi yang baik. Seorang pemimpin/kepalasekolah yang memiliki gaya Kepemimpinan partisipatif dapat meningkatkan komitmen organisasi. Sedangkan sekolah yang memiliki komitmen organisasi yang tinggi dapat mencapai tujuan organisasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, komitmen organisasi di sekolah, dan hubungan kepemimpinan partisipatifr dengan komitmen organisasi di sekolah. Penelitian ini menggunak anpendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik penelitian ini adalah dengan kuesioner/angket. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 51 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dan korelasi product moment. Dari pengujian data diketahui bahwa tingkat kualitas akuntabilitas kepemimpinan partisipatif dengan rata-rata sebesar 56.27, sedangkan tingkat kualitas akuntabilitas pada komitmen organisasi memiliki rata-rata sebesar 75.35. Dari pungujian hasil telah diperoleh skor korelasi sebesar 0.476 dengan signifikansi p=0.000 < 0.05. Artinya terdapat hubungan antara kepemimpinan partisipatif dengan komitmenorganisasi, dari skor yang diperoleh berdasarkan hasil hitung product moment diperoleh nilai sebesar 0.476 maka diketahui bahwa tingkat korelasinya tinggi. Berdasarkan besarnya hubungan variabel kepemimpinan partisipatifdengan komitmen organisasi menandakan bahwa faktor kepemimpinan partisipatif kepala sekolah sangat kuat untuk membentuk komitmen organisasi yang tinggi di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pujianto, Haryo Agusharyoagus2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepemimpinan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Kepemimpinan partisipatif; komitmen organisasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pujianto Haryo Agus
Date Deposited: 27 Jul 2018 08:57
Last Modified: 27 Jul 2018 08:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25616

Actions (login required)

View Item View Item