Analisis hukum Islam terhadap putusan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya no. 108/pdt.G/2007/PTA Sby yang membatalkan putusan Pengadilan Agama Sidoarjo no. 1363/pdt.G/2006/PA Sda tentang permohonan cerai talak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shodiqin, Moh. Nur (2009) Analisis hukum Islam terhadap putusan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya no. 108/pdt.G/2007/PTA Sby yang membatalkan putusan Pengadilan Agama Sidoarjo no. 1363/pdt.G/2006/PA Sda tentang permohonan cerai talak. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Nur Shodiqin_C11304017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang dasar pertimbangan hakim Pengadilan Tinggi Agama Surabaya yang membatalkan putusan hakim tentang permohonan cerai talak di Pengadilan Agama Sidoatjo, serta analisis hukum Islam terhadap pembatalan permohonan cerai talak di Pengadilan Tinggi Agama Surabaya. Data penelitian ini dihimpun dari dokumen dan wawancara yang selanjutnya disusun secara deskriptif untuk menguraikan kasus secara sistematis mengenai duduk perkara, dasar pertimbangan dan isi putusan. Hasil penelitian kemudian di analisis secara deduktif untuk mengemukakan kenyataan yang ada dilokasi penelitian kemudian menilai putusan yang digunakan hakim. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa pembatalan pennohonan cerai talak yang dilakukan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya kepada Pengadilan Agama Sidoarjo itu tidak benar, karena kalau melihat akibat hukumnya pembatalan tersebut akan berdampak negatif pada kedua belab pibak yang berperkara. Kepada para hakim disarankan untuk lebih mendalam dalam mengkaji atau mempertimbangkan suatu putusan yang akan diambil agar pibak yang berperkara tidak ada yang merasa dirugikan dengan putusan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shodiqin, Moh. NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Cerai Gugat
Hukum Islam
Keywords: Hukum Islam; putusan pengadilan tinggi Agama Surabaya no. 108/pdt.G/2007/PTA; cerai talak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2018 08:34
Last Modified: 27 Jul 2018 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25618

Actions (login required)

View Item View Item