Strategi menghafal Al Qur’an efektif dan efisien: studi multi kasus Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jombang dan Pondok Sulaimaniyyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Irsad Roxiyul (2018) Strategi menghafal Al Qur’an efektif dan efisien: studi multi kasus Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jombang dan Pondok Sulaimaniyyah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Irsad Roxiyul Azmi_F52316055.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan menghafal Al-Qur’a>n diperlukan strategi yang efektif dengan hasil hafalan yang berkualitas dan Efisiensi dengan durasi waktu yang lebih cepat. Sebab dalam pada proses pembelajaran tanpa terkecuali dalam proses menghafal Al-Qur’a>n memerlukan strategi kreasi intelektual dan strategi kognitif, selain kemampuan memorisasi hafalan pada santri. Penelitian tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an (PPHQ) Jogoroto Jombang dan Pesantren Sulaimaniyah cabang Surabaya. Subjek penelitian adalah para santri, pengurus, pendidik, dan pengasuh pesantren. Teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Adapun teknik pemeriksaan keabsahaan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi data, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an (PPHQ) Jogoroto Jombang dan Pesantren Sulaimaniyah cabang Surabaya yang mempunyai strategi menghafal Al-Qur’an efektif dengan hasil hafalan yang berkualitas dan Efisien dengan durasi waktu satu tahun bahkan lebih cepat. Hal tersebut dianalisa dari proses pra tahfidz, ciri startegi menghafak, kecepatan dalam menghafal dan kualitas hasil hafalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, Irsad RoxiyulIrsyad.roqi@gmai.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Strategi; Menghafal; Efektif; Efisien
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azmi Irsad Roxiyul
Date Deposited: 27 Jul 2018 08:56
Last Modified: 27 Jul 2018 08:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25619

Actions (login required)

View Item View Item