Manajemen mutu pembelajaran untuk mempersiapkan siswa masuk perguruan tinggi: studi kasus di Madrasah Aliyah al-Amin Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajar, Ainol (2018) Manajemen mutu pembelajaran untuk mempersiapkan siswa masuk perguruan tinggi: studi kasus di Madrasah Aliyah al-Amin Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainol Fajar_D03214017.pdf

Download (817kB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini pertama adalah untuk mendeskripsikan manajemen mutu pembelajaran di MA Al-Amin Pamekasan, kedua untuk mendeskripsikan persiapan masuk siswa Madrasah Aliyah Al-Amin Pamekasan ke perguruan tinggi, ketiga untuk mendeskripsikan manajemen mutu pembelajaran untuk mempersiapakan siswa masuk ke perguruan tinggi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berdasarkan model analisis data kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan untuk analisis ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama manajemen mutu pembelajaran di MA Al-Amin Pamekasan meliputi perencanaan mutu pembelajaran, pengorganisasian mutu pembelajaran, pelaksanaan mutu pembelajaran, dan evaluasi mutu pembelajaran. Kedua, usaha-uaha dalam mempersiapakan siswa masuk perguruan tinggi yaitu menjadikan pembelajaran yang bermutu, memberikan bimbingan belajar khusus kelas XII, bermitra dengan perguruan tinggi Ketiga, manajemen mutu pembelajaran untuk persiapan siswa masuk perguruan tinggi dilihat dari: (a) perencanaan merupakan penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai. Ketika perencanaan maksimal diterapkan maka tujuan yang dicapai juga akan maksimal (b) dalam pelaksanaan pembelajaran, guru harus melakukan pendekatan agar pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan hasil yang maksimal, (c) menilai hasil pembelajaran peserta didik merupakan langkah untuk mengetahui prestasi peserta didik. (d) pihak sekolah terutama kepala madrasah dalam mengawasi kegiatan proses pembelajaran guru dengan mengadakan evaluasi pelaksanaan pembelajaran.

Kata Kunci: Manajemen Mutu Pembelajaran, Persiapan Masuk Perguruan Tinggi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajar, Ainolainolfajar@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Manajemen; mutu pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ainol Fajar
Date Deposited: 30 Jul 2018 02:10
Last Modified: 30 Jul 2018 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25651

Actions (login required)

View Item View Item