Tinjauan hukum Islam terhadap putusan Mahkamah Agung No. 480 K/AG/2006 tentang pembagian harta bersama yang mengabaikan surat pernyataan tidak menuntut harta bersama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridha, Muhammad Rosyid (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap putusan Mahkamah Agung No. 480 K/AG/2006 tentang pembagian harta bersama yang mengabaikan surat pernyataan tidak menuntut harta bersama. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Rosyid Ridha_C01304047.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian literatur untuk menjawab pertanyaan bagaimana pertimbangan hukum putusan Mahkamah Agung tentang pembagian harta bersama dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap putusan Mahkamah Agung pada kasus No. 480 K/AG/2006. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar hukum dan alasan-alasan hakim mengabulkan pembagian harta bersama yang mengabaikan surat pernyataan dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap putusan hakim tersebut. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pertimbangan hakim tentang pembagian harta bersama yang mengacu pada pertimbangan Hakim Pengadilan Agama Bojonegoro dan pengadilan Tinggi Agama Surabaya yang mana Pengadilan Agama Bojonegoro mempertimbangkan perkataan-perkataan penggugat dalam surat pernyataannya yang menyatakan tidak menuntut dan kami serahkan sepenuhnya semua ini yang ditafsirkan oleh hakim penggugat tetap meminta pembagian harta bersama secara terpisah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridha, Muhammad RosyidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Nikah > Cerai
Keywords: Harta bersama; Cerai
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:11
Last Modified: 30 Jul 2018 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25652

Actions (login required)

View Item View Item