Peran supervisi manajerial oleh pengawas terhadap kinerja kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas Islam Parlaungan Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suciati, Suciati (2018) Peran supervisi manajerial oleh pengawas terhadap kinerja kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas Islam Parlaungan Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suciati_D73214031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi manajerial pengawas di Sekolah Menengah Atas Islam Parlaungan Waru Sidoarjo, untuk mengetahui kinerja kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas Islam Parlaungan Waru Sidoarjo, untuk mengetahui peran supervisi manajerial oleh pengawas terhadap kinerja kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas Islam Parlaungan Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan kemudian menggambarkan dalam bentuk-bentuk dan kalimat. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi manajerial di SMA Islam Parlaungan Waru Sidoarjo yang dilakukan untuk mengevaluasi atau menilai kinerja kepala sekolah memiliki enam dimensi yaitu dimensi kompetensi kepribadian dan sosial, dimensi kompetensi kepemimpinan pembelajaran, dimensi kompetensi pengembangan sekolah, dimensi kompetensi sumber daya, dimensi kompetensi kewirausahaan, dan dimensi kompetensi supervisi pembelajaran. Supervisi manajerial yang dilakukan di SMA Islam Parlaungan Waru Sidoarjo oleh pengawas untuk menilai kinerja kepala sekolah sudah berjalan sesuai jadwal yang telah dibuat. Kepala sekolah mendapat minimal satu kali dalam satu bulan disupervisi. Dalam supervisi manajerial pengawas sudah menggunakan pendekatan dan teknis yang tepatyang tidak hanya berpaku pada selembar kertas tetapi pengawas melakukan komunikasi, interaksi dan memberi pertanyaan metode dan model seperti apa yang dipakai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suciati, Suciatiimuetzsuci23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Keywords: Supervisi manajerial pengawas; kinerja kepala sekola
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Suciati Suciati
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:48
Last Modified: 30 Jul 2018 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25658

Actions (login required)

View Item View Item