Analisis figur Kiai Much Imam Chambali terhadap peningkatan donatur dana sosial di yayasan al-Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauhar, Muhammad Alif (2018) Analisis figur Kiai Much Imam Chambali terhadap peningkatan donatur dana sosial di yayasan al-Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Alif Jauhar_C74211176.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana figur Kiai Much Imam Chambali di dana sosial Al-Jihad dan bagaimana figur Kiai Much Imam Chambali dalam mendorong peningkatan donatur dana sosial Al-Jihad (DASA). Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fieldresearch) dengan pendekatan kualitatif. Di Indonesia penelitian kualitatif dikenal penelitian naturalistik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu Ketua Yayasan Al-Jihad, Direktur DASA, Ketua Pelaksana DASA, dan Donatur DASA. Hasil penelitian yang didapatkan Figur Kiai Much Imam Chambali di DASA adalah Beliau merupakan icon di Yayasan Al-Jihad. Beliau yang merintis adanya lembaga dana sosial Al-Jihad (DASA) dan Beliau sebagai pengawas dan juga penanggung jawab DASA. Dari hasil penelitian terdapat pengaruh antara figur Kiai dan peningkatan donatur di dana sosial Al-Jihad (DASA). Dimana figur Kiai Much Imam Chambali mempunyai pengaruh terhadap perkembangan Dana Sosial Al-Jihad. Beliau Berpengaruh terhadap peningkatan donatur baik dari segi jumlah donasi maupun jumlah populasi doantur yang bertambah. Untuk membangun kepercayaan konsumen pengguna jasa di Yayasan, perusahaan harus memiliki hubungan baik dengan konsumen perusahaan dapat lebih memahami kebutuhan, keinginan dan harapan-harapan para konsumennya. Dengan adanya figur Kiai mampu menjadikan DASA sebagai lembaga amil zakat non-nasional yang berkembang pesat. Menjadikan figur Kiai sebagai kelompok acuan (referensi) yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen jasa di Dana Sosial Al-Jihad Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauhar, Muhammad Alifdjoehar212@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Kepemimpinan
Keywords: Kiai Much Imam Chambali; donatur DASA
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Jauhar Muhammad Alif
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:44
Last Modified: 02 Aug 2018 01:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25680

Actions (login required)

View Item View Item