تطوير مادة اللغة العربية لكتاب "دروس اللغة العربية" لتنمية المهارات اللغوية: البحث والتطوير بالمدرسة المتوسطة بلنجوال تيرفادو كريان سيدووارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Virdausy, Vriska Putri (2018) تطوير مادة اللغة العربية لكتاب "دروس اللغة العربية" لتنمية المهارات اللغوية: البحث والتطوير بالمدرسة المتوسطة بلنجوال تيرفادو كريان سيدووارجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Vriska Putri Virdausy_F12616323.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar pembelajaran Bahasa Arab di SMP Bilingual Terpadu Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo menggunakan Kitab Durus Al lughah Al arabiyah. Bahan ajar tersebut kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Di dalam kitab tersebut peneliti menemukan beberapa kekurangan di antaranya soal latihan yang membosankan karena tidak bervariasi dalam melatih ketrampilan berbahasa siswa. Untuk memudahkan siswa dalam belajar maka peneliti berusaha mengembangkan buku yang sesuai dengan tingkatan siswa dan bisa meningkatkan motivasi siswa dalam ketrampilan berbahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penyusunan bahan ajar pembelajaran Bahasa Arab dan keefektifan penggunaannya pada siswa dalam pengembangan ketrampilan berbahasa. Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian menggunakan pre-test dan post-test, dalam pelaksanaannya rata – rata yang didapatkan siswa dalam pre-test 71,61 dan post-test 80,45. Setelah peneliti menganalisis hasil test tersebut dengan menggunakan one sample T-Test dengan hipotesis Ho : tidak ada perbedaan antara pre-test dan post-test , Ha : ada perbedaan antara pre-test dan post-test. Ketika terdapat perbedaan maka terdapat pula efektifitas bahan ajar yang telah dikembangkan untuk meningkatkan ketrampilan Berbahasa Arab di SMP Bilingual Terpadu Krian – Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Virdausy, Vriska Putrivriskavirdausy94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Bahan Ajar; Ketrampilan Berbahasa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Virdausy Vriska Putri
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:57
Last Modified: 31 Jul 2018 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25690

Actions (login required)

View Item View Item