Keuangan inklusif untuk pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha mikro: studi kasus di lembaga manajemen infaq kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauhari, Sofuan (2018) Keuangan inklusif untuk pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha mikro: studi kasus di lembaga manajemen infaq kota Kediri. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofuan Jauhari_F14214167.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan laporan G-20, problem kemiskinan dan ketimpangan pendapatan yang masih terjadi di Indonesia disebabkan oleh aksesibilitas rakyat terhadap lembaga keuangan eksklusif yang rendah. Upaya yang harus dilakukan salah satunya dengan menciptakan kebijakan keuangan inklusif dengan memanfaatkan potensi instrumen keuangan shari’ah berupa dana ZISWAF yang pada dasarnya berkarakter inklusif. Penelitian ini ingin mengamati implementasi keuangan inklusif dan implikasinya di Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Kota Kediri sebagai lembaga filantropi Islam yang mengelola dana ZISWAF. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti objek yang alamiah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara triangulasi (gabungan) dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan secara induktif. Adapun pendekatan studi kasus dalam penelitian ini adalah program keuangan inklusif di LMI Kota Kediri. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi keuangan inklusif untuk pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha mikro di LMI Kota Kediri diwujudkan dalam program yang disebut dengan KUBerdaya. Program ini berupaya memberikan kemudahan akses keuangan kepada kelompok non-bankable dengan cara memberikan pinjaman modal usaha ataupun bantuan bantuan alat kerja untuk mengembangkan usaha mikro yang mereka jalankan. Tujuan program ini berhasil tercapai tapi belum secara maksimal. Implikasi program KUBerdaya di LMI Kota Kediri telah mampu memberikan pemberdayaan terhadap masyarakat melalui pengembangan usaha mikro, meskipun belum secara signifikan. Dalam hal ini, LMI Kota Kediri perlu meningkatkan kinerja keuangan inklusif dan program yang dijalankan, dan bagi pemerintah perlu mendukung dan menicptakan kebijakan terkait keuangan inklusif berbasis shari’ah untuk pemberdayaan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauhari, Sofuansofuan.jauhari@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Keuangan Inklusif; Pemberdayaan Masyarakat; Usaha Mikro; ZISWAF.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lc. Jauhari Sofuan
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:43
Last Modified: 24 Feb 2019 11:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25721

Actions (login required)

View Item View Item