Implementasi pemeliharaan maqasid shari'ah al-Shatibi di BMT Mawaddah Palengaan Pamekasan Madura: perspektif al-kulliyyat al-khamsah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iftihor, Iftihor (2018) Implementasi pemeliharaan maqasid shari'ah al-Shatibi di BMT Mawaddah Palengaan Pamekasan Madura: perspektif al-kulliyyat al-khamsah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iftihor_F12416270.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan ekonomi Shari‘ah dewasa ini sangat terlihat jelas khususnya di Indonesia. Hal ini terbukti dengan berdirinya beberapa lembaga keuangan shari‘ah; perbankan shari‘ah, pasar modal shari‘ah, koperasi shari‘ah, Baitul Mal wa at-Tamwil (BMT) dan lain-lain yang kesemuanya menggunakan maqasid shari‘ah sebagai sandaran utama dalam setiap pengembangan operasionalnya. Imam al-Shatibi di dalam kitab al-muwafaqat mengatakan bahwa membahas maqasid shari‘ah sama halnya dengan membahas maslahah, karena kemaslahatan merupakan ending point dari maqasid shari‘ah. Kemaslahatan yang akan diwujudkan, menurutnya terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu: kebutuhan d}aruriyah, hajiyah, dan tahsiniyah. Dalam penelitian ini penulis hanya fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan d}aruriyah. Bagaimana pola implementasi pemeliharaan maqasid shari‘ah al-Shatibi perspektif al-kulliyyat al-khamsah di BMT Mawaddah Palengaan Pamekasan Madura? Bagaimana hambatan yang dihadapi BMT Mawaddah Palengaan Pamekasan Madura dalam implementasi pemeliharaan maqasid shari‘ah al-Shatibi perspektif al-kulliyyat al-khamsah dan solusi apa yang diberikan? Bagaimana perspektif al-kulliyyat al-khamsah dalam maqasid shari‘ah al-Shatibi tentang implementasi pemeliharaan maqasid shari‘ah al-Shatibi perspektif al-kulliyyat al-khamsah di BMT Mawaddah Palengaan Pamekasan Madura? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola implementasi pemeliharaan maqasid shari‘ah al-Shatibi perspektif al-kulliyyat al-khamsah di BMT Mawaddah Palengaan Pamekasan Madura dan mengetahui hambatan yang dihadapi BMT Mawaddah Palengaan Pamekasan Madura dalam implementasi pemeliharaan maqasid shari‘ah al-Shatibi perspektif al-kulliyyat al-khamsah dan solusi yang diberikan serta mengetahui perspektif al-kulliyyat al-khamsah dalam maqasid shari‘ah al-Shatibi tentang implementasi pemeliharaan maqasid shari‘ah al-Shatibi perspektif al-kulliyyat al-khamsah di BMT Mawaddah Palengaan Pamekasan Madura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan tehnik dokumentasi dan interview (wawancara). Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa implementasi pemeliharaan terhadap maqasid shari‘ah al-Shatibi perspektif al-kulliyyat al-khamsah yang di lakukan oleh BMT Mawaddah sudah berjalan dengan baik. Namun terdapat beberapa pola yang tidak terlaksana karena terdapat hambatan dalam pelaksanaannya serta ditemukan bahwa terdapat bentuk kesesuaian antara maqasid shari‘ah al-Shatibi dengan pola implementasi pemeliharaan maqasid shari‘ah al-Shatibi perspektif al-kulliyyat al-khamsah yang dilaksanakan oleh BMT Mawaddah Palengaan Pamekasan Madura.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iftihor, Iftihoriftihor.kacong@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Maqasid Shari‘ah al-Shatibi, Daruriyah, al-Kulliyyat al-Khamsah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Iftihor Iftihor
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:53
Last Modified: 01 Aug 2018 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25803

Actions (login required)

View Item View Item