Strategi pengadaan barang, penentuan harga dan display pada usaha toko dan kantin di komplek Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamali, Kamali (2018) Strategi pengadaan barang, penentuan harga dan display pada usaha toko dan kantin di komplek Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Kamali_F12416271.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu pondok pesantren yang memikirkan tentang kemajuan ekonomi guna untuk menjaga keberlangsungan kesejahteraan pondok pesantren dan membantu mengembangkan ekonomi adalah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan yang terletak di desa Potoan Laok kecamatan Palengaan kabupaten Pamekasan, telah mendirikan usaha bisnis baik di dalam maupun di luar kopleks pesantren. Di antara UMKM yang di bangun di lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan adalah toko kopontren yang didirikan oleh RKH Muddatstsir Badruddin dan kantin HIMMAH yang berdiri sejak tahun 2006 dimana pendirian kantin ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan santri dan hasil dari kantin ini untuk menopang berbagai kebutuhan-kebutuhan organisasi HIMMAH dalam menjalankan program-programnya. Begitu juga sebagian dari kebutuhan pendidikan terpenuhi dari hasil penjualan di kantin ini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi pengadaan barang pada usaha toko dan kantin di komplek pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan?, Bagaimana strategi penentuan harga jual produk pada usaha toko dan kantin di komplek pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan?, Bagaimana strategi display barang pada usaha toko dan kantin di komplek pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan?. Untuk menjawab pertanyaan ini dilakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis diskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Pon-Pes Panyeppen Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1. Strategi pengadaan barang yang di pakai oleh toko kopontren adalah dengan menggunakan strategi pembelian langsung, yaitu pembelian dimana pihak toko membeli langsung kepada penjual baik ke toko maupun ke pemasok. Demikian halnya dengan strategi pengadaan barang pada kantin himmah. 2. Strategi penentuan harga yang di pakai oleh toko kopontren dalam adalah: Bundling pricing, dan menambahkan mark-up. Sedangkan strategi penentuan harga barang pada kantin Himmah adalah going-rate dan menambahkan mark-up. 3. Strategi display barang yang di pakai oleh toko kopontren adalah windows display dan Interior display dengan jenis open display. Sedangkan strategi display barang pada kantin Himmah menggunakan Interior display berupa open display.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamali, Kamalikaliahmad999@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemasaran
Keywords: Pengadaan Barang; Penentuan Harga; Display
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kamali Kamali
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:22
Last Modified: 01 Aug 2018 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25810

Actions (login required)

View Item View Item