Pengaruh spiritual marketing, dan service excellent terhadap kepuasan anggota dengan trust sebagai variabel intervening: studi pada Koperasi Syari’ah Talun Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifudin, Ahmat Arif (2018) Pengaruh spiritual marketing, dan service excellent terhadap kepuasan anggota dengan trust sebagai variabel intervening: studi pada Koperasi Syari’ah Talun Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmat Arif Syaifudin_F02416078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Tujuannya yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh spiritual marketing dan service excellent terhadap kepuasan anggota Koperasi Syari’ah Talun Bojonegoro dengan trust sebagai variabel Intervening. Sampel yang digunakan sejumlah 87 anggota. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji sample original semua variabel berpengaruh positif. Sedangkan dari uji t-statistics secara parsial variabel spiritual marketing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap trust dengan nilai 1,200 < 1,96. Secara parsial variabel spiritual marketing berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan dengan nilai 2,853 > 1,96. Secara parsial variabel service excellent berpengaruh secara signifikan terhadap trust dengan nilai 3,100 > dari 1,96. Secara parsial variabel service excellent berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan dengan nilai 2,199 > dari 1,96. Secara parsial variabel trust berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan dengan nilai 2,048 > dari 1,96. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa semua variabel berpengaruh positif. Ini berarti bahwa semakin baik spiritual marketing, service excellent, maka trust angota akan semakin tinggi, dan kepuasan anggota Koperasi Syari’ah Talun juga akan semakin meningkat. Namun dari signifikansi, hanya ada satu variabel yang tidak signifikan yaitu variabel spiritual marketing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap trust.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifudin, Ahmat Arifsyaifudinarif037@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemasaran
Keywords: Spiritual marketing; Service excellent; Kepuasan anggota; Trust; Variabel intervening
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syaifudin Ahmat Arif
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:41
Last Modified: 01 Aug 2018 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25811

Actions (login required)

View Item View Item