Peran guru muda dalam meningkatkan motivasi belajar anak difabel di lembaga Cita Hati Bunda Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aryani, Erlina Rizqi Dwi (2018) Peran guru muda dalam meningkatkan motivasi belajar anak difabel di lembaga Cita Hati Bunda Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erlina Rizqi Dwi Aryani_F52916004.pdf

Download (6MB)

Abstract

Cara mendidik dan mengajar anak difabel yang tentunya relatif lebih sulit dan harus mendapat perlakuan yang lebih khusus dari guru. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti peran guru muda, disini ada tantangan tersendiri kepada pemuda yang tidak mudah untuk menyelaraskan dengan kondisi anak difabel yang menuntut perhatian ekstra. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: 1) Bagaimana pembelajaran anak difabel di Lembaga Cita Hati Bunda Sidoarjo? 2) Bagaimana peran guru muda dalam meningkatkan motivasi belajar anak difabel di Lembaga Cita Hati Bunda Sidoarjo? 3) Bagaimana problematika yang dihadapi oleh guru muda dalam meningkatkan motivasi belajar anak difabel di Lembaga Cita Hati Bunda Sidoarjo? Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari teknik tersebut peneliti bisa memadukan antara fakta dan data untuk menggambarkan peran guru muda, selanjutnya bisa menjawab dan menjelaskan rumusan masalah di atas. Hasil penelitian menunjukkan, guru muda mampu membuktikan bahwa pemuda juga sanggup menjalankan peran seorang guru anak difabel yang dituntut kesabaran dan ketelatenan. Guru muda bisa memaksimalkan kemampuan dan potensinya untuk membantu pemahaman dan perkembangan anak difabel, terutama membangkitkan semangat belajar mereka dengan cara memberikan motivasi dan dorongan, serta totalitas dalam hal melatih bina diri dan kemandiriannya. Selain itu butuh dorongan pemerintah tentang penyetaraan gaji guru difabel guna memberikan penghargaan dan semangat mereka dalam mendidik anak difabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aryani, Erlina Rizqi Dwierlinamazing@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Dirasah Islamiyah
Keywords: Peran Guru; Motivasi Belajar; Difabel
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Aryani Erlina Rizqi Dwi
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:21
Last Modified: 03 Aug 2018 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25852

Actions (login required)

View Item View Item