Analisis faktor penentu keputusan anggota Usaha Mikro dalam menggunakan pembiayaan di BMT Madani Sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Dyah Ayu (2018) Analisis faktor penentu keputusan anggota Usaha Mikro dalam menggunakan pembiayaan di BMT Madani Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dyah Ayu Wulandari_G74214089.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan sebuah hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah secara parsial serta simultan terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor kepribadian serta faktor psikologi terhadap penentu keputusan anggota usaha mikro dalam menggunakan pembiayaan di BMT Madani Sepanjang Sidoarjo. Metodologi yang digunkan dalam penelitian ini merupakan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah anggota dari BMT Madani yang mempunyai latar belakang pekerjaan sebagai pengusaha mikro yaitu berjumlah 168. Kemudian dengan menggunakan teori sampling yang dikemukakan oleh Slovin diketahui sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 118 responden. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan penyebaran kuesioner kepada anggota usaha mikro serta melakukan wawancara kepada pegawai BMT Madani Sepanjang Sidoarjo mengenai sejarah BMT Madani, struktur organisasi serta tugas dan wewenangnya, dan juga mengenai strategi pemasaran BMT Madani. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji statistik yaitu uji T (parsial) dan uji F (simultan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor kepribadian dan faktor psikologi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penentu keputusan anggota usaha mikro dalam menggunakan pembiayaan di BMT Madani Sepanjang Sidoarjo. Secara simultan faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor kepribadian, dan faktor psikologi berpengaruh terhadap penentu keputusan anggota usaha mikro dalam menggunakan pembiayaan di BMT Madani Sepanjang Sidoarjo. Dari hasil penelitian ini diharapkan supaya bisa menjadi acuan oleh BMT Madani dalam menarik minat anggota usaha mikro dalam melakukan pembiayaan. Untuk penelitian selanjutnya yaitu bisa mengembangkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Dyah Ayudyahayuinsa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Faktor Kebudayaan; Faktor Sosial; Faktor kepribadian; Faktor Psikologi; Penentu Keputusan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wulandari Dyah Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2018 01:54
Last Modified: 07 Aug 2018 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25858

Actions (login required)

View Item View Item