Manajemen mutu ISO 9001-2008 pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) perwakilan Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhlis, Muhlis (2018) Manajemen mutu ISO 9001-2008 pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) perwakilan Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhlis_F12416278.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Managemen mutu ISO 9001:2000 merupakan standar internasional untuk sistem manajemen kualitas. Manajemen mutu ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dalam sistem manajemen kualitas, bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk (barang dan atau jasa) untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Untuk mencapai tujuan pemberdayaan masyarakat dalam konteks zakat di atas perlu adanya manajemen zakat dan dana sosial lainnya yang mencakup perencanaan, pengumpulan, pendayagunaan, dan pengendalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapat gambaran yang jelas tentang Manajemen Mutu ISO 9001:2008 bidang penghimpunan, pendayagunaan ZISWAF serta implikasi manajemen mutu ISO 9001-2008 terhadap kepuasan pelanggan pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Jatim. Penelian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pencarian data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam, serta menelusuri dokumen terkait. Hasil penelitan menunjukkan manajemen mutu ISO 9001-2008 bidang penghimpunan pada BMH Perwakilan Jawa Timur telah menerapkan 8 sasaran mutu (sarmut) ISO bidang penghimpunan: instruksi kerja performance amil penghimpunan, instruksi kerja menerima donasi, instruksi kerja telemarketing, laporan layanan donatur, analisis data kepuasan muzakki/ donatur, form penerimaan komplen muzakki, analisa penghimpunan, laporan amil penghimpunan. Sedangkan bidang pendayagunaan telah menerapkan 9 pokok sasaran mutu (sarmut): prosedur mutu pelaksanaan pendayagunaan, data-base mustahiq perprogram, prosedur mutu proposal yang masuk, prosedur mutu pencairan dana (keuangan), form laporan program mitra salur, form data penerima manfaat, survey kepuasan mustahik dan muzakki, Intruksi Kerja Pelayanan Mustahik Datang Langsung dan ketentuan &susunan laporan pelaksanaan program bagi mitra salur. Implikasi manajemen mutu ISO 9001-2008 memberi kepuasan kepada pelanggan (donatur) dalam hal laporam event secara langsung, kesigapan konfirmasi ZISWAF masuk, mendo’akan saat menerima ZISWAF, rapi, ramah, sopan, memberikan konsultasi ZISWAF dan keluarga, pelaporan penyaluran keuangan serta kecepatan dalam penanganan komplain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhlis, Muhlismukhlisbusyri@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Manajemen
Keywords: Manajemen mutu; ISO 9001-2008; Baitul Maal Hidayatullah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhlis Muhlis
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:13
Last Modified: 02 Aug 2018 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25864

Actions (login required)

View Item View Item