Pengaruh kesehatan mental, motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Bahauddin Taman Sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kalimatusyaro, Mei (2018) Pengaruh kesehatan mental, motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Bahauddin Taman Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mei Kalimatusyaro_F02A16207.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul pengaruh kesehatan mental, motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Bahauddin Taman Sepanjang Sidoarjo ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara signifikan kesehatan mental Peserta didik terhadap prestasi belajar, apakah terdapat pengaruh secara signifikan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar, apakah terdapat pengaruh secara signifikan kedisiplinan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar, apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kesehatan mental, motivasi belajar, dan kedisiplinan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Ex post facto, pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda sebagai alat analisisnya. Untuk membuktikan hipotesis digunakan uji signifikan f dan t. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 127 responden dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran kuesioner. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Serta uji prasyarat analisis (asumsi klasik). Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, diperoleh nilai koefisien determinasi (Adj. R Square) sebesar 96,3%, sedangkan sisanya 3,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Selain itu, diketahui bahwa pada hipotesis variabel X1 terhadap Y nilai t-hitung sebesar 5,474 dan t-tabel sebesar 1,657 artinya t-hitung > t-tabel. Sehingga terjadi pengaruh yang signifikan antara keseharan mental terhadap prestasi belajar peserta didik MI Salafiyah Bahauddin Taman Sepanjang Sidoarjo. Untuk hipotesis variabel X2 terhadap Y nilai t-hitung sebesar 56,981 dan t-tabel sebesar 1,657 artinya t-hitung > t-tabel. Artinya terjadi pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MI Salafiyah Bahauddin Taman Sepanjang Sidoarjo. Sedangkan hipotesis variabel X3 terhadap Y bahwa nilai t-hitung sebesar 4,214 dan t-tabel sebesar 1,657 sehingga t-hitung > t-tabel. Artinya, terjadi pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MI Salafiyah Bahauddin Taman Sepanjang Sidoarjo. Hipotesis selanjutnya diperoleh Fhitung > Ftabel (1073,023 > 2,68) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05), artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan (bersama-sama) antara kesehatan mental, motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MI Salafiyah Bahauddin Taman Sepanjang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kalimatusyaro, Meifasya.azzahro@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Belajar
Keywords: Kesehatan mental; motivasi belajar; kedisiplinan be lajar; prestasi belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kalimatusyaro Mei
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:21
Last Modified: 03 Aug 2018 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25865

Actions (login required)

View Item View Item