Program pengabdian pemuda community of santries scholars ministry of religios affairs (CSS MoRA): studi internalisasi penguatan kelembagaan di Madrasah Bertaraf International (MBI) Amanatul Ummah Pacet Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Royyani, Arini (2018) Program pengabdian pemuda community of santries scholars ministry of religios affairs (CSS MoRA): studi internalisasi penguatan kelembagaan di Madrasah Bertaraf International (MBI) Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arini Royyani_F52916002.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian yang dilakukan MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Ada tiga rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini. (1)Bagaimana program pengabdian di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto ?, (2)Bagaimana program pengabdian di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto menjadi sebuah pemberdayaan bagi alumni CSS MoRA?, (3)Bagaimana peran MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto terhadap alumni CSS MoRA ? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian study kasus lapangan dengan rancangan multisitus dan teknik pengumpulan data dengan pengamatan dan wawancara yang mendalam. Metode ini dipilih agar data penelitian bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai study internalisasi penguatan kelembagaan di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Adapun informan penelitian adalah kepala sekolah, santri pengabdian yang saat ini menjabat fungsionaris di pesantren serta pembantu informan lain. Setelah data diperoleh kemudian data di analisis dengan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek. Proses pengabdian menunjukan pada serangkaian tindakan atau langkah-langkah yang dilakukan secara kronologis sitematis yang mencerminkan pertahapan upaya mengubah santri pengabdian yang kurang atau belum berdaya menuju keberdayaan, karena sebenarnya mereka mempunya bakat yang sangat bagus. Hal ini sekaligus proses regenerasi agar MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto tetap bahkan semakin Berjaya dari masa ke masa. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa hasil penelitian yaitu Pertama, mengembalikan semangat mengabdi pada negeri dan berlomba-lomba untuk kebaikan. Kedua, isu banyak pemuda kini yang sibuk mencari rupiah untuk memperkaya dirinya adalah benar adanya. Ketiga, melupakan pendidikan generasi pemuda masa depan dan cocok tanam. Program pengabdian oleh alumni CSS MoRA di MBI Amanatul Ummah pacet Mojokerto sangatlah membantu untuk kemajuan madrasah. Banyak ide baru dan cemerlang selama perjalanannya hampir 5 tahun adanya program pengabdian di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Disisi lain kepercayaan Pak Kyai Asep Saifuddin Chalim sebagai pengasuh PP Amanatul Ummah terhadap alumni yang melakukan pengabdian meningkat. Banyak teman-teman alumni yang kemudian di tempatkan di sector-sektor penting pesantren. Baik dibidang kesehatan, teknologi, pertanian dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Royyani, Ariniariniroyyani93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pertanian
Keywords: Pengabdian pemuda; CSS MoRA; penguatan kelembagaan; Madrasah Bertaraf International (MBI)
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Royyani Arini
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:46
Last Modified: 02 Aug 2018 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25866

Actions (login required)

View Item View Item