إعداد مواد تعليم مهارة الاستماع لطلاب البرنامج العالمي: البحث والتطوير في مدرسة أمانة الأمة الثانوية بموجوكرطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Saiful (2018) إعداد مواد تعليم مهارة الاستماع لطلاب البرنامج العالمي: البحث والتطوير في مدرسة أمانة الأمة الثانوية بموجوكرطا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Saiful Huda_F02616143.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Maharoh istima’ adalah maharoh yang sangat dibutuhkan pada zaman modern ini. Kemampuan mendengar (maharoh Istima’) dibutuhkan untuk mengikuti informasi-informasi yang menggunakan bahasa arab baik dari televisi maupun intrnet yang sudah tidak bisa jauh dari setiap individu masyarakat. Berangkat dari masalah itu peneliti merasa perlu untuk mengajarkan kemampuan mendengar (maharoh istima’) pada siswa-siswa Program Internasional Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Pacet Mojokerto yang sangat disayangkan bahwa materi yang tersedia yang husus mempelajari maharoh istima’ tidak maksimal. Oleh karena itu peneliti mengajukan penelitian ilmiahnya dengan judul “ Pengembangan Materi Ajar Maharoh Istima’ Untuk siswa-siswa Program Internasional”. Penelitian ini dimaksudkan untuk membuat produk berupa materi ajar untuk meningkatkan kemampuan istima’ dan solusi efektif dalam meningkatkan kemampuan istima’ bagi para siswa Program Internasional Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah. Peneliti dalam penelitiannya membuat rumusan masalah sebagai berikut: 1- Bagaimana mengembangkan materi ajar maharoh istima’ pada kelas satu di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Program Internasional di Mojokerto? 2- Bagaimana efektifitas materi ajar maharoh istima’ dalam meningkatkan kemampuan mendengar bagi para siswa kelas satu di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Program Internasional di Mojokerto? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1- Mengembangkan Materi Ajar maharoh Istima’ pada kelas satu di Maadrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Program Internasioanal di Mojokerto. 2- Mengetahui efektifitas materi ajar maharoh aistima’ dalam meningkatkan kemampuan mendengar bagi para siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Program Internasional di Mojokerto.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Kuantitatif dalam menganalisa data-data yang terkumpul. Sedangkan obyek penelitiannya adalah para siswa kelas satu Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Program Internasional di Mojokerto. Hasil dari penelitian ini secara ringkas sebagai berikut: 1- Prodak materi ajar sudah sesuai dengan poko-pokok yang diinginkan dalam penyusunan buku ajar baik untuk guru dan murid. 2- Materi ajar yang tersedia sudah efektif dalam meningkatkan kemampuan mendengar bagi para siswa Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Program Inetrnasional di Mojokerto dengan berdasar pada hasil rata-rata pre test 57 dan hasil rata-rata post test 91 dan yang menunjukan afektifitas materi ajar ini adalah hasil dari ujian T (t-test) adalah 15,57 lebih besar dari hasil t- tabel 2,25.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Saifulhudascorp17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar; Materi Maharoh Istima'
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Huda Saiful
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:03
Last Modified: 03 Aug 2018 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25870

Actions (login required)

View Item View Item