Sistem informasi penentuan uang kuliah tunggal dengan metode Fuzzy Sugeno di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, M.Abdul (2018) Sistem informasi penentuan uang kuliah tunggal dengan metode Fuzzy Sugeno di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M.Abdul Aziz_H96214022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kementerian Agama Republik Indonesia nomor 157 Tahun 2017 memutuskan penetapan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri di Kementerian Agama Tahun akademik 2016/2017 yang berisi tentang penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) masing-masing universitas. Pada peraturan tersebut ada 6 kelompok yaitu Kelompok 1, Kelompok 2, Kelompok 3, Kelompok 4, Kelompok 5, Bidikmisi yang nominalnya berkelompok sangat bervariasi tergantung pada perguruan tingginya. Parameter yang digunakan luas tanah, luas bangunan, PBB, PDAM, penghasilan ayah, penghasilan ibu, pengeluaran, penghasilan total, daya PLN dan jumlah anak. Sejak tahun 2014, UIN Sunan Ampel Surabaya menerapkan sistem informasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan algoritma prosentase. Hal ini menyebabkan rekomendasi yang dihasilkan tidak presisi. Penelitian ini mengembangkan sistem informasi UKT dengan metode pengembangan waterfall, metode waterfall terdiri dari lima langkah yaitu analisis sistem, desain sistem, implementasi, pengujian dan perawatan. Tujuannya adalah untuk mengetahui performa penerapan metode Fuzzy Sugeno dalam menentukan Uang Kuliah Tunggal di UIN Sunan Ampel Surabaya dan untuk mengetahui cara membuat Sistem Informasi Uang Kuliah Tunggal dengan menerapkan metode Fuzzy Sugeno. Hasil yang didapat adalah rekomendasi UKT Kelompok 1, Kelompok 2, Kelompok 3, Kelompok 4 dan Kelompok 5 menjadi lebih presisi daripada sistem informasi UKT sebelumnya, yang dibuktikan melalui pengujian presision, recall and accuracy. Hasil dari pengujian precision, recall dan accuration adalah jumlah prosentase tertinggi dari masing-masing kelompok adalah kelompok 5 untuk precision 79%, recall 82%, accuration 89% sedangkan kelompok yang lain precision dan recall kurang dari 50%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, M.Abdulaziz280895@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perguruan Tinggi
Al Qur'an
Tehnik Informatika
Keywords: UKT; metode Fuzzy Sugeno; metode waterfall; metode precision; metode recall, metode accuration
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Aziz M.Abdul
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:20
Last Modified: 02 Aug 2018 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25881

Actions (login required)

View Item View Item