Persepsi masyarakat dan peran pendamping terhadap efektivitas program Jalin Matra : studi di Desa Gunung Kesan Kecamatan Karangpenang Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nawawi, Nawawi (2018) Persepsi masyarakat dan peran pendamping terhadap efektivitas program Jalin Matra : studi di Desa Gunung Kesan Kecamatan Karangpenang Sampang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nawawi_F12416279.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu; pertama, untuk mengetahui pengaruh persepsi masyarakat terhadap efektivitas program Jalin Matra di Desa Gunung Kesan Kecamatan Karangpenang Sampang. Kedua, mengetahui peran pendamping terhadap efektivitas program Jalin Matra di Desa Gunung Kesan Kecamatan Karangpenang Sampang. Ketiga, mengetahui pengaruh persepsi masyarakat dan peran pendamping terhadap efektivitas program Jalin Matra di Desa Gunung Kesan Kecamatan Karangpenang Sampang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan data primer diperoleh dengan kuesioner pada RTS (rumah tangga sasaran) penerima bantuan program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan di Desa Gunung Kesan Kecamatan Karangpenang Sampang. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner pada seluruh penerima manfaat sebanyak 92 kepala rumah tangga perempuan. Alat analisis data yang digunakan adalah uji analisis jalur (path analysis). Hasil uji variabel, besarnya kontribusi persepsi masyarakat (X1) dan peran pendamping (X2) secara langsung mempengaruhi efektivitas program Jalin Matra (Y) pada analisis jalur sebesar 30,1%. Sedangkan hasil penelitian: 1) Variabel persepsi masyarakat (X1) memiliki thitung sebesar 3,295>1,666 ttabel, dengan tingkat signifikansi 0,001<0,05, sedangkan koefisien lintasan parsial (path coefficient) menunjukkan hubungan antara persepsi masyarakat dengan efektivitas program Jalin Matra sebesar 0,347. 2) Variabel peran pendamping (X2) memiliki nilai thitung 2,631>1,666 ttabel, dengan tingkat signifikansi 0,010<0,05, sedangkan koefisien lintasan parsial (path coefficient) menunjukkan hubungan antara peran pendamping dengan efektivitas program Jalin Matra sebesar 0,277. 3) Nilai Fhitung diperoleh pada tabel Anova sebesar 19,125 dengan tingkat probabilitas atau signifikansinya sebesar 0,000. Karena Fhitung > Ftabel yaitu 19,125 > 3,15 dan probabilitas berada jauh dibawah 0,05. Adapun rekomendasi yang dapat penulis sampaikan adalah; pertama, untuk meningkatkan persepsi masyarakat perlu pemberian informasi secara transparan dari pihak desa dan pendamping. Kedua, walaupun persepsi masyarakat dan peran pendamping sangat kuat terhadap efektivitas program Jalin Matra, baik secara parsial maupun simultan, akan tetapi tetap perlu adanya pendampingan di setiap kegiatan. Ketiga, berkaitan dengan honor pendamping hendaknya tidak diambilkan dari jumlah bantuan yang ada. Keempat, sinergitas antar instansi terkait perlu ditingkatkan agar ke depan bantuan dapat lebih efektif dan efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nawawi, Nawawinawawimoh58@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Keywords: Persepsi Masyarakat; Peran Pendamping; Efektivitas; Program Jalin Matra.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nawawi Nawawi
Date Deposited: 02 Aug 2018 08:35
Last Modified: 02 Aug 2018 08:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25883

Actions (login required)

View Item View Item